Berita Riau

Bakar Rumput Liar di Kebun, Dua Warga Siak Riau Terpaksa Menginap di Kantor Polisi

Dua warga Kampung Pencing Bekulo, Kecamatan Kandis,Siak terpaksa harus menginap di sel tahanan Polres Siak.Keduanya membakar rumput liar di lahannya.

Bakar Rumput Liar di Kebun, Dua Warga Siak Riau Terpaksa Menginap di Kantor Polisi
istimewa
Polisi selidiki lahan terbakar di Kampung Pencing Bekulo, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Riau.

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Dua warga Kampung Pencing Bekulo, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak terpaksa harus menginap di sel tahanan Polres Siak.

Keduanya membakar rumput liar dan semak di lahannya, namun merembet sehingga menimbulkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kejadian itu berawal saat Udin Manurung bersama A Sinaga dan Jintro Sinaga membersihkan rumput liar di lahan milik A Sinaga, Senin (26/8/2019) lalu. Niatnya membersihkan lahan tersebut untuk menanam kelapa sawit.

"Udin dan A Sinaga pun mengumpulkan hasil tebasan semak dan kayu-kayu kering. Lalu ia membakar tumpukan hasil tebasan dan kayu-kayu kering itu," kata Paur Humas Polres Siak Bripka Dedek Prayoga, Jumat (30/8/2019).

Petani setempat, Sarijo mengatakan melihat ada api menjalar di lokasi kebun A Sinaga waktu itu. Ia sempat berteriak dan khawatir jika apinya akan menjalar ke kebun lain.

Namun, Udin Manurung mengatakan pihaknya sudah menyekat unggunan dengan mencangkul di sekelilingnya.

"Berdasarkan keterangan saksi Sarijo, setelah pukul 11.30 WIB, tiga orang itu masih berada di lokasi," kata Bripka Dedek.

Sementara, menurut Suandi Purba, petani lainnya mengatakan, Selasa (27/8/2019) pagi, ia berangkat ke lahannya bersama Sarijo. Lahannya bersempadan dengan lahan A Sinaga.

"Keterangan saksi waktu itu sudah ada api dan asap, akibat dari pembakaran di lahan milik Pak Sinaga kemarin. Saksi kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada kepala desa karena tidak terima lahan milik saksi itu ikut terbakar," tutur Bripka Dedek.

Pada Selasa itu sekira pukul 09.00 WIB Brigadir R Sibarani mendapat informasi tentang kebakaran lahan di Kampung Pencing Bekulo itu. Kanit Reskrim Polsek Kandis atas perintah
Kapolsek langsung turun ke TKP. Ia langsung mengamankan Udin Manurung.

Pada Rabu (28/8/2019), Tim Opsnal Polres Siak mendapat informasi dari laporan Polsek Kandis telah terjadi kebakaran lahan.

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved