Disdukcapil Inhil Awal Bulan Depan Sosialisasikan Pembuatan Kartu Identitas Anak

Kabupaten Inhil baru akan menyosialisasikan pembuatan Kartu Identitas Anak pawa awal pekan kedua September mendatang.

Disdukcapil Inhil Awal Bulan Depan Sosialisasikan Pembuatan Kartu Identitas Anak
tribunnews
Kartu Identitas Anak (KIA) 

tribunpekanbaru.com - Tidak hanya orang dewasa, anak–anak di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dalam waktu dekat juga akan memiliki kartu identitas.

Sama halnya dengan e–KTP yang dimiliki masyarakat umumnya, anak–anak juga akan memiliki kartu yang diberi nama Kartu Identitas Anak (KIA).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Inhil, Ahmad Ramani melalui Sekretaris Disdukcapil, Nursal, menuturkan, sosialisasi perdana pembuatan Kartu Indentitas Anak (KIA) ini telah diagendakan pihak Disdukcapil pada hari minggu pertama atau kedua, pada bulan September mendatang.

“Untuk lokasi sosialisasinya masih di wilayah Tembilahan. KIA ini bentuknya sama dengan e-KTP orang dewasa. Begitu juga fungsinya, sama halnya dengan e-KTP,” ujar Nursal, Jumat (30/8).

Mantan Camat Mandah ini menjelaskan, pada tahap sosialisasi ini Disdukcapil Inhil akan datang bersama Dirjen Dukcapil ke lapangan selama satu hari, sembari mengirimkan jadwal ke Dirjen sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan.

“Kita sudah mengirimkan jadwal ke Dirjen, tinggal menunggu pihak Dirjen saja lagi. Jika tak ada halangan dan sesuai dengan agenda kita, maka minggu kedua (September) kita sudah sosialisasi,” ucap Nursal.

Dalam tahapan sosialisasi ini, menurut Nursal, nantinya Disdukcapil akan menginformasikan ke pemerintah kecamatan dan seluruh masyarakat mengenai KIA yang akan diterbitkan di Kabupaten Inhil.

“KIA untuk mengetahui identitas. Kalau mau masuk sekolah SD, SMP, dan SMA dan kepentingan indentitas anak ke depannya, kartu ini yang digunakan,” terangnya. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved