Badan Riau Creative Network Resmi Dikukuhkan Gubernur Riau, Ini Tugas Utamanya

Badan Riau Creative Network (BRCN) Resmi dikukuhkan oleh Gubernur Riau, Syamsuar Jumat malam (30/8/2019) di Balai Pauh Janggi Gedung Daerah.

Badan Riau Creative Network Resmi Dikukuhkan Gubernur Riau, Ini Tugas Utamanya
TRIBUN PEKANBARU/AAN RAMDANI
Gubernur Riau, Syamsuar berfoto bersama pengurus Badan Riau Creative Network, usai pengukuhaannya, Jumat (30/8/2019) malam. 

Badan Riau Creative Network Resmi Dikukuhkan Gubernur Riau, Ini Tugas Utamanya

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU - Badan Riau Creative Network (BRCN) Resmi dikukuhkan oleh Gubernur Riau, Syamsuar Jumat malam (30/8/2019) di Balai Pauh Janggi Gedung Daerah Jalan Diponegoro Kota Pekanbaru.

Organisasi ini dibentuk untuk menjadikasan solusi dan membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui Industri kreatif di Provinsi Riau.

"Dulu kita selalu membanggakan adanya migas dan sawit di Riau, tapi kondisi sekarang dan kondisi yang akan datang ini tidak bisa menjadi kebanggaan kita lagi. Kalau kita ingin meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang ada di Riau maka harus dari industri kreatif ini," jelas Syamsuar dalam sambutanya.

Baca: Sejarah Hari Ini : Soeharto Laporkan Majalah Times karena Sebuah Artikel: Didenda Rp 1 Triliun

Baca: Sejumlah Perayaan Tahun Baru Hijriah di Indonesia, Atau Juga Disebut Dengan Bulan Suro

Baca: Iuran BPJS Naik Dua Kali Lipat Bikin Asuransi Swasta Lebih Menarik?

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Riau juga menambahkan, bahwa potensi yang di Provinsi Riau berkaitan dengan industri kreatif sangat besar dan inovasi-inovasi yang dilalukan tidak kalah dengan daerah lain.

"Nah, sekarang bagaimana memfasilitasi dan memberikan ruang bagi mereka agar bisa lebih berkembang. Kemungkinan selama ini banyak persoalan makanya dengan ada BRCN ini mudah-mudahan menjadi kebangkitan ekonomi kreatif di Riau," harapnya.

Gubernur menjelaskan bahwa ada di Indonesia yang berhasil menjadikan ekonomi kreatif salah satu pendorong ekonomi. Seperti halnya tahun 2018 lalu pertubuhan ekonomi tertinggi adalah Provinsi Sulawesi Selatan.

"Apa yang dibangun disana, disana memang yang dikembangkan adalah pertanian lalu yang kedua perikanan dan yang ketiga adalah UMKM," katanya.

Sementara itu, Ketua BRCN Husnul Kausarian menjelaskan, bahwa industri kreatif kedepan akan terus berkembang dan meningkat.

"Oleh karena itu, kita masyarakat Riau secara khusus harus bisa mengambil peran dan menjadi pelaku indistri kreatif dan bisa bersaing dan juga lebih hebat dikemudian hari," ujarnya.

BRCN memiliki 16 sub sektor yaitu, aplikasi dan pengembangan permainan, arsitektur, desain Interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film, animasi dan video.

Dalam pelaksanaan pengukuhan tersebut turut dihadiri oleh Ketua Indonesia Creative City Network (ICCN) Tubagus Fiki Satari sponta. Tubagus Fikri dalam kesempatan tersebut sangat mengapresiasi Pemerintah Provinsi Riau yang telah membentuk BCRN.

"Saya ingin berterima kasih kepada Gubernur Riau atas fasilitasi dibentuknya badan Riau creative network, ini luar biasa karena komitmen gubernur dan seluruh jajaran sejak awal hingga berdirinya Riau creative network ini," kata Fiki.

Datambahkanya, di Indonesia sudah ada 211 kota/kabupaten yang tergabung dalam jaringan ICCN. Melihat dibentuknya dan semangat BCRN ia merasa sangat optimis bahwa ekonomi kreatif di Riau akan berkembang.

"Jadi, saya begitu merasa optimis, dan hal ini juga menjadi beban BRCN. Artinya, setelah dilantik yang disaksikan para tokoh masyarakat seluruh komunitas di Riau kita tinggal tunggu program-program bagaimana pengembangan Provinsi Riau dan 12 kabupatennya betul-betul menjadi ujung tombak ekonomi kreatif daerah dan Indonesia," katanya. (Tribunpekanbaru.com/Aan Ramdani)

Penulis: Aan Ramdani
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved