5.944 Botol Miras Ilegal Tujuan Pulau Jawa Dimusnahkan Bea Cukai Bengkalis

Ribuan botol miras ilegal tersebut masuk melalui pelabuhan tikus di Tembilahan. Rencananya, miras tersebut dibawa ke Pulau Jawa.

5.944 Botol Miras Ilegal Tujuan Pulau Jawa Dimusnahkan Bea Cukai Bengkalis
tribun pekanbaru
Pemusnahan miras selundupan di tembilahan 

tribunpekanbaru.com - Satu unit truk yang bermuatan 5.944 botol minuman keras (miras) ilegal, berhasil ditindak Bea Cukai (BC) Tembilahan. Rencananya, ribuan botol miras itu akan diselundupkan ke daerah di Pulau Jawa.

Minuman keras ilegal ini diduga masuk dari luar negeri melalui pelabuhan tikus yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), untuk selanjutnya dilakukan proses bongkar muat sebelum dikirim ke daerah tujuan.

Namun semua rencana tersebut buyar, setelah Bea Cukai Tembilahan berhasil menggagalkan upaya penyelundupan tersebut.

Kepala Bea Cukai Tembilahan, Anton Martin menjelaskan, pihaknya mendapat informasi saat proses bongkar muat tersebut, sehingga akhirnya melakukan penindakan pada titik yang tepat.

“Ketika melakukan penindakan, kami juga berkomunikasi dengan Kapolres Inhil untuk pengamanan, dan Beliau menurunkan timnya untuk mengamankan dari Selensen sampai ke Kantor kami di Tembilahan,” ujar Anton.

Semua barang selundupan hasil penindakan tersebut dimusnahkan oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Tembilahan, di Kantor BC Tembilahan Jalan Sudirman Tembilahan, Rabu (4/9).

Minuman keras yang dimusnahkan ini sebelumnya ditangkap dari daerah perbatasan Inhil-Jambi, tepatnya di daerah Selensen, pada Senin 4 Maret lalu.

Sementara itu, kedua terduga pelaku kasus penyelundupan miras ilegal yang saat ini telah diamankan, menurut Anton berasal dari daerah yang berbeda.

“Salah seorang yang bertugas sebagai supir berasal dari Medan, sedangkan seorang lagi yang berstatus sebagai bos berasal dari Jakarta,” terang Anton.

Sebanyak 5.944 botol minuman keras (miras) tersebut dari berbagai merek, dan diperkirakan bernilai Rp4,1 miliar. Ribuan botol miras itu dimusnahkan dengan cara dilindas menggunakan alat berat di halaman Kantor KPPBC TMP C Tembilahan, Jalan Sudirman, Tembilahan.

Pemusnahan tersebut disaksikan oleh Kepala KPPBC TMP C Tembilahan Anton Martin, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Inhil, Susilo, Ketua Pengadilan Negeri Tembilahan, Nurmala Sinurat, Kepala Lapas Klas II A Tembilahan, Agus Pritiatno, dan sejumlah jajaran Polres Inhil. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved