Gubri Promosikan Empat Event Wisata Unggulan Riau pada Ajang ICCF di Ternate

Gubri H Syamsuar mempromosikan empat wisata unggulan serta sejumlah destinasi wisata di Riau, saat mengikuti ICCF di Ternate.

Gubri Promosikan Empat Event Wisata Unggulan Riau pada Ajang ICCF di Ternate
tribun pekanbaru
Gubri saat menyampaikan perkembangan ekonomi kreatif di Provinsi Riau pada ajang ICCF di Ternate, Rabu (4/9). 

tribunpekanbaru.com - Empat event wisata berskala nasional dan internasional yang ada di Riau, menjadi jualan Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar, di ajang Forum Creative Cities Conference pada Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) 2019, yang digelar di Ternate, Maluku Utara, Rabu (4/9).

Empat event besar tingkat nasional dan internasional di Provinsi Riau tersebut di antaranya balap sepeda Tour de Siak, Bakar Tongkang, Pacu Jalur, dan Dragon Boat Race.

Tour de Siak sendiri sudah berlangsung selama lima tahun, dan diakui tingkat international oleh UCI (Union Cycliste Internationale), yang diselenggarakan di Kabupaten Siak.

Bakar Tongkang di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) merupakan event budaya masyarakat Tionghoa yang sudah lama ada di Provinsi Riau, dan dapat mendatangkan puluhan ribu wisatawan mancanegara, juga termasuk event internasional.

Kemudian Pacu Jalur di Kabupaten Kuantan Singingi yang tidak hanya sekedar lomba sampan, tapi juga ada pesan budaya di dalamnya dan sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu.

Dragon Boat Race di Danau Rusa, Kabupaten Kampar, yang baru ada di tahun 2019 ini, juga sudah menjadi event internasional dan mampu mendatangkan wisatawan mancanegara.

"Biasanya dragon boat race ini dilaksanakan di laut, namun di Riau sangat istimewa karena dilaksanakan di danau," ujar Syamsuar.

Selain empat event wisata tersebut, Gubri Syamsuar juga menjual sejumlah destinasi wisata lain yang ada di Provinsi Riau. Di antaranya di Kabupaten Kampar yaitu Candi Muara Takus, yang sedang dipersiapkan Pemerintah Provinsi Riau sebagai warisan dunia.

Bila biasanya upacara peringatan Hari Waisak Nasional dilaksanakan di Candi Borobudur, namun pada tahun 2019 ini dilaksanakan di Candi Muara Takus.

Selain itu, juga ada Kesultanan Siak Sri Indrapura yang sudah masuk cagar budaya nasional, dan juga disiapkan Pemprov Riau sebagai warisan dunia.

Halaman
123
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved