Atlet Peraih Peringkat Lima di Kejurnas Pra PON Kecil Kemungkinan Dikirim ke Papua

KONI Riau menyebut, peluang bagi atlet peraih peringkat lima di Pra PON untuk berangkat ke Papua sangat kecil.

Atlet Peraih Peringkat Lima di Kejurnas Pra PON Kecil Kemungkinan Dikirim ke Papua
Internet
Logo KONI

tribunpekanbaru.com - KONI Riau belum bisa memutuskan, apakah akan memberangkatkan atlet peraih peringkat lima di kejurnas Pra PON lalu, ke PON di Papua tahun 2020 mendatang. Persoalan ini masih akan dibicarakan KONI Riau.

Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis, Kamis (5/9/) menjelaskan, sebelumnya pihaknya sudah membicarakan persoalan ini dengan semua pengprov cabor, saat rapat anggota KONI Riau belum lama ini.

"Sebenarnya semua cabor sudah tahu tentang ini. Memang kita akui para atlet sudah tampil maksimal berjuang di Pra PON," sebut Emrizal kepada Tribun.

Menurutnya, keputusan dari PB masing-masing cabor, ada yang menetapkan atlet lolos PON hingga peringkat 5 bahkan 8 besar. Namun khusus untuk KONI Riau, banyak pertimbangan untuk tidak memberangkatkan semua atlet yang dinyatakan lolos kualifikasi tersebut.

Yang pasti, bagi peraih medali emas di Pra PON termasuk Porwil, dipastikan KONI Riau akan diberangkatkan ke PON Papua. "Untuk peraih medali perunggu dan perunggu bersama, juga kita berangkatkan," tambah Emrizal.

Sedangkan untuk atlet peraih peringkat 4 dan 5, KONI Riau bisa memastikan kemungkinan besar tidak bisa dikirim ke Papua, meski dari PB cabornya sudah dinyatakan lolos tampil di PON nanti.

Tapi untuk cabor tertentu, sebut Emrizal, masih akan melihat limit waktunya prestasi yang diukirnya, dibandingkan dengan lawan yang ada di peringkat atasnya.

"Memang ini tidak berlaku untuk semua cabor. Seperti angkat berat, angkat besi dan binaraga. Termasuk juga renang. Kalau limitnya tidak terpaut jauh dengan lawannya, kemungkinan besar bisa dibawa ke PON. Tapi syaratnya ada komitmen khusus dari cabornya ke KONI," terangnya lagi.

"Tapi kalau limitnya jauh dari peringkat di atasnya, sudah kita pastikan sang atlet tidak bisa kita kirim ke PON Papua," tegas Emrizal.

Karena masih banyak cabor yang belum mengikuti Pra PON, KONI menekankan agar para atlet berupaya mempersembahkan hasil terbaik yakni medali. Termasuk 11 cabor yang akan bertanding di Porwil Bengkulu. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved