Berita Riau

Empat Proyek di Makam Raja-raja Rambah di Rohul Riau Telan Anggraan Rp 1,3 Miliar

Kepala Disparbud Rohul Drs Yusmar MSi menargetkan 4 item proyek di situs cagar budaya di Desa Rambah bisa selesai sebelum hari jadi Rohul ke-20.

Empat Proyek di Makam Raja-raja Rambah di Rohul Riau Telan Anggraan Rp 1,3 Miliar
istimewa
Kadisparbud Rohul Yusmar meninjau pengerjaan empat item proyek di situs Makam Raja-raja Rambah beberapa waktu lalu. 

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), melalui pihak ketiga tengah melaksanakan empat item proyek di areal Makam Raja-Raja Rambah. Proyek dilakukan sejak awal Agustus 2019.

Kepala Disparbud Rohul Drs Yusmar MSi menargetkan empat item proyek di situs cagar budaya yang berlokasi di Desa Rambah, Kecamatan Rambah Hilir bisa selesai di hari jadi Rohul ke-20.

"Empat item proyek di Makam Raja-Raja Rambah, dibantu dana dari Bantuan Alokasi Khusus (DAK) APBN 2019 lebih kurang Rp 1,3 miliar," katanya, Jumat (6/9/2019).

Empat item itu adalah, pembangunan musala, pagar pembatas areal, jalan setapak semenisasi, dan pemasangan lampu taman.

"Setelah pengumuman lelang pada Juli, pekerjaan baru dimulai awal Agustus," sebutnya.

Yusmar menuturkan, sejauh ini, dari empat item kegiatan, baru dua kegiatan yang sudah dikerjakan, yakni pembangunan musala dan pagar pembatas areal.

"Untuk pembangunan jalan setapak dan pemasangan lampu taman kita lakukan setelah dua proyek ini selesai," ujarnya.

Pembangunan di Makam Raja-Raja Rambah baru bisa dilakukan Disparbud Rohul, setelah status kawasan situs cagar budaya Riau ini selesai.

"Walau luasnya ada sekitar 16 hektare, namun hanya 2 hektare saja yang bisa dikembangkan, hibah dari masyarakat. Pembangunan juga baru bisa dilakukan setelah tidak ada lagi gejolak lagi, dan areal ini akan dikelola secara baik untuk masyarakat juga nanti," tambahnya.

Ia mengharapkan, empat item proyek selesai dua atau tiga bulan ke depan, tanpa ada kendala di lapangan dan diperlukan dukungan masyarakat.

"Perlu digarisbawahi, bila ini sudah maju tentu dampaknya untuk masyarakat, sebab lokasi ini bakal berkembang, sebab ada 11 makam keluarga raja yang dimakamkan di sini," imbuhnya.

Yusmar menerangkan, realisasi pengerjaan proyek musala dengan anggaran Rp547 juta baru sekira 30 persen. Sedangkan pembangunan pagar pembatas Rp451 juta, baru proses land clearing.

"Harapan kita di ulang tahun Rohul ke-20 nanti pada 12 Oktober 2019, empat proyek sudah selesai," harap Yusmar. (Tribunpekanbaru.com/donny kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved