Berita Riau

RPH 10 Tahun Tak Beroperasi, Disnakbun Rohul Riau Bentuk Tim Gabungan Lintas Instansi

Rumah Potong Hewan (RPH) di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau sudah sekitar 10 tahun tidak berfungsi.

RPH 10 Tahun Tak Beroperasi, Disnakbun Rohul Riau Bentuk Tim Gabungan Lintas Instansi
istimewa
Disnakbun Rohul melakukan sosialisasi kesehatan hewan ternak beberapa waktu lalu. 

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Rumah Potong Hewan (RPH) di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau sudah sekitar 10 tahun tidak berfungsi.

Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Rohul, Ir H Sri Hardono MM mengatakan, banyak penyebab tidak ada aktivitas di RPH.

"Banyak faktor yang menyebabkan tidak berfungsinya RPH di Rohul. Faktor utamanya adalah banyak tempat pemotongan hewan masih beroperasi, itu sangat berpengaruh terhadap beroperasinya RPH," katanya, Jumat (6/9/2019).

Diungkapkannya, untuk mengoperasikan kembali RPH, pihaknya telah membentuk tim gabungan yang akan menertibkan seluruh tempat pemotongan hewan ilegal yang tersebar di 16 kecamatan.

Penertiban dimulai di Kecamatan Rambah, sebagai pusat ibukota dari Kabupaten Rohul.

Penertiban di Rambah akan melibatkan tim gabungan dari berbagai instansi, mulai Disnakbun, Satpol PP dan Damkar Rohul, Pemerintah Kecamatan Rambah, Babinsa Koramil 02 Rambah dan Bhabinkamtibmas Polsek Rambah,serta pemerintah desa.

Sri Hardono menjelaskan, sebelum menertibkan seluruh tempat pemotongan hewan, Disnakbun Rohul telah melakukan sosialisasi Undang-Undang Peternakan dan Kesehatan Hewan (Keswan) kepada tim gabungan se-Kecamatan Rambah di Kantor Camat Rambah, pada Selasa (3/9) lalu, termasuk kepada pemilik tempat pemotongan hewan.

"Kita juga menyesalkan, tidak satupun pemilik tempat pemotongan hewan hadir saat kita menggelar sosialisasi tersebut,"sebutnya.

Disnakbun Rohul bersama tim gabungan menentukan langkah-langkah yang akan diambil untuk mengambil sikap atas beberapa masalah berkaitan dengan RPH yang dimanfaatkan sekitar sepuluh tahun terakhir.

Menurutnya, selama ini RPH berlokasi di Desa Sukamaju, Kecamatan Rambah yang sudah dibangun dengan biaya mahal dari uang rakyat tidak dimanfaatkan maksimal meski sarana dan.

Halaman
123
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved