Berita Riau

BREAKING NEWS: Kabut Asap di Riau Pekat, Disdik Instruksikan Kepala Sekolah Liburkan Siswa SMA

Sesuai surat edaran dari Disdik Riau, kepsek diminta untuk meliburkan siswanya, jika ISPU dimasing-masing wilayahnya dalam kondisi sangat tidak sehat.

BREAKING NEWS: Kabut Asap di Riau Pekat, Disdik Instruksikan Kepala Sekolah Liburkan Siswa SMA
TRIBUN PEKANBARU/ALEX SANDER
Suasana Kota Pekanbaru dikelilingi kabut asap Karhutla, Sabtu (24/8/2019). 

BREAKING NEWS: Kabut Asap di Riau Pekat, Disdik Instruksikan Kepala Sekolah Liburkan Siswa SMA

TRIBUNPEKANBARU.COM - Dinas Pendidikan (Disdik) Riau akhirnya mengeluarkan kebijakan yang ditujukan untuk seluruh kepala SMA dan SMK di Provinsi Riau untuk meliburkan sisanya akibat kabut asap yang semakin pekat, Senin (9/8/2019).

Sesuai surat edaran dari Disdik Riau, kepala sekolah diminta untuk meliburkan siswanya, jika ISPU dimasing-masing wilayahnya dalam kondisi sangat tidak sehat.

Indikatornya adalah warna merah dengan level ISPU antara 200-299.

Selain itu, Dinas Pendidikan juga menginstruksikan kepada seluruh kepala SMA dan SMK agar meliburkan secara total aktifitas di sekolah apabila ISPU berkisar 300 ditunjukkan warna hitam atau dalam kondisi bahaya.

"Namun apabila ISPU sudah membaik, kami minta kepala sekolah untuk kembali melaksanakan proses belajar mengajar di sekolah seperti biasa," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, Rudiyanto, Senin (9/8/2019).

Sebagaimana diketahui, Hari ini Senin (9/9) berdasarkan pantauan satelit yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, jumlah hotspot makin menggila di Riau dan pulau Sumatera.

Di Riau terpantau 289 titik, hotspot terbanyak terpantau di Kabupaten Indragiri Hilir 185 titik, kemudian Pelalawan 57 titik, Indragiri Hulu 31 titik, Bengkalis 4 titik, Meranti dan Kampar masing - masing 2 titik dan Dumai Kuansing serta Rokan Hilir masing-masing 1 titik.

Sedangkan di Provinsi tetangga paling parah ada di Jambi 504 titik, Sumsel 332 titik, Lampung 70 titik, Babel 66 titik, Kepri 14 titik dan Sumbar 3 titik.

Kondisi cuaca sendiri pada Pagi harinya Cerah Berawan dengan berpotensi jarak pandang yang menurun diakibatkan oleh kekaburan udara akibat partikel kering seperti asap dan haze.

Pada Siang harinya cuaca cerah berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang bersifat tidak merata terjadi disebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, sebagian Kota Dumai, dan sebagian Kabupaten Rokan Hilir.

Pada Malam harinya cuaca Cerah Berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang bersifat tidak merata terjadi disebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kabupaten Bengkalis, sebagian Kab,. Siak, Kabupaten Rokan Hulu dan sebagian Kabupaten Indragiri Hulu.

Selanjutnya pada dini hari cuaca cerah berawan dengan berpotensi hujan dengan intensitas ringan bersifat tidak merata terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, sebagian Kabupaten Rokan Hulu, sebagian Kota Dumai dan Kabupaten Pelalawan. (Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgiono)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved