Indragiri Hilir

AH Jadi Tersangka Kebakaran Hutan di Riau, Diciduk Setelah 10 Hektar Lahan di Inhil Hangus

Dalam gelar perkara yang di pimpin Kasat Reskrim Polres Inhil tersebut, ditunjukkan barang bukti Batang kayu yang sudah terbakar.

AH Jadi Tersangka Kebakaran Hutan di Riau, Diciduk Setelah 10 Hektar Lahan di Inhil Hangus
Istimewa
Unit III Sat Reskrim Polres Inhil dan Anggota Reskrim Polsek Batang Tuaka saat melakukan olah TKP Karhutla di Parit 7 Dusun Pajar Gemilang, Desa Simpang Jaya, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Inhil, Riau, beberapa waktu lalu. 

AH Jadi Tersangka Kebakaran Hutan di Riau, Diciduk Setelah 10 Hektar Lahan di Inhil Hangus

TRIBUNPEKANBARU.COM, TEMBILAHANPolres Inhil berhasil mengungkap Pelaku Tindak Pidana Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) berinisial AH (73), seorang petani.

Pengungkapan kasus ini berdasarkan hasil penyelidikan yang dilakukan oleh Unit III Sat Reskrim Polres Inhil dan Anggota Reskrim Polsek Batang Tuaka yang telah di mulai pada Kamis (15/8/2019).

Sesuai dengan surat perintah penangkapan nomor : SP. Kap / 36 / IX / 2019 / Reskrim, tanggal 8 September 2019, dilakukan penangkapan karena diduga melakukan tindak pidana kebakaran lahan yang mengakibatkan lahan (kebun) milik Abdul Kamal, Udin, Taupik, Juslan, Effendi dan H.satar yang diketahui terjadi pada Sabtu (27/7) sekira pukul 16.00 WIB di Parit 7 Dusun Pajar Gemilang, Desa Simpang Jaya, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Inhil, Riau.

Baca: Pasukan Kostrad Dikerahkan Ke Riau untuk Tangkap Pelaku Pembakar Lahan

Baca: Kabut Asap Parah di Riau, 1.670 Masyarakat Kampar Terjangkit ISPA

Kapolres Inhil AKBP Christian Rony, S.IK, MH melalui Kasat Reskrim Polres Inhil, AKP Indra Lamhot Sihombing, S.IK menjelaskan, pihaknya mendapat informasi bahwa pelaku pembakaran lahan tersebut berada di Jalan Lintas Air Molek - Teluk Kuantan Kecamatan Inuman, Kabupaten Kuansing.

Selanjutnya 3 orang anggota unit III Sat Reskrim Polres Inhil langsung berangkat ke lokasi keberadaan pelaku dan berhasil melakukan penangkapan terhadap AH di Jalan Lintas Air Molek - Teluk Kuantan Kecamatan Inuman, Kabupaten Kuansing, Selasa (20/8).

AH diduga telah melakukan Tindak Pidana karena kesalahan (kealpaan) menyebabkan kebakaran yang mengakibatkan bahaya umum bagi barang dengan identitas.

“Selama proses penangkapan tersangka berjalan kondusif terkendali dan tanpa perlawanan. Selanjutnya Unit III Satreskrim kembali ke Mapolres Inhil dengan membawa tersangka untuk dilakukannya BAP sebelum diterbitkannya surat perintah penahanan,” ujar Kasat Reskrim, Selasa (10/9).

Menindak lanjuti penangkapan tersebut, Unit III Sat Reskrim Polres Inhil melakukan Interogasi terhadap korban dan saksi yang melihat kejadian tersebut dan selanjutnya menggelarkan perkara tersebut di Ruang Kasat Reskrim Polres Inhil, Sabtu (7/9) sekira pukul 10.00 WIB.

Dalam gelar perkara yang di pimpin Kasat Reskrim Polres Inhil tersebut, ditunjukkan barang bukti Batang kayu yang sudah terbakar.

Halaman
12
Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved