Kabut Asap Makin Pekat, Inhil Liburkan Sekolah Dua Hari ke Depan

Dinas Pendidikan Inhil memutuskan meliburkan sekolah untuk dua hari ke depan, karena kabut asap semakin pekat.

Kabut Asap Makin Pekat, Inhil Liburkan Sekolah Dua Hari ke Depan
tribun pekanbaru
Pemberitahuan libur sekolah akibat kabut asap di SDN 004 Tembilahan Kota, Jalan M Boya Tembilahan, Selasa (10/9). 

tribunpekanbaru.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) akhirnya meliburkan siswa–siswi tingkat Sekolah Dasar (SD) pada Selasa (10/9).

Keputusan ini dikeluarkan Disdik Inhil melalui surat yang ditandatangani Kepala Disdik Inhil, H Rudiansyah MSi.

Dalam surat yang ditembuskan kepada Bupati Inhil ini, Rudiansyah menginstruksikan beberapa antara lain meliburkan peserta didik PAUD dan SD negeri/swasta tanggal 10-11 September 2019.

Bagi peserta didik SMP negeri/swasta melihat perkembangan situasi berikut. Bila kabut asap belum kondusif, kepala sekolah SMP negeri/swasta dapat meliburkan peserta didiknya.

Terakhir, kepala sekolah diminta mengimbau orangtua/wali murid untuk mengawasi anak-anak mereka agar tidak berada di luar rumah saat kabut asap semakin tebal.

H Rudiansyah melalui Sekretaris Disdik Inhil, Faturrahman, membenarkan adanya surat edaran meliburkan peserta didik tersebut, dan dikeluarkan pada Senin (9/10) sore lalu.

“Iya betul dari dinas mulai hari ini (kemarin) dan besok (hari ini). Selanjutnya melihat perkembangan. Surat itu dikeluarkan Senin sore, cuma ada beberapa sekolah yang baru tadi pagi (kemarin) menyampaikan, karena sore anak–anak sudah pulangkan. Anak–anak yang sudah terlanjur hadir langsung dipulangkan,” ujar Faturrahman, Selasa (10/9) pagi.

Disdik Inhil mengimbau orangtua murid untuk mengontrol aktivitas siswa selama libur agar tidak kena dampak asap karhutla.

“Jangan sampai anak liburkan tapi malah keluar, jadi percuma. Tetap dikasih tugas oleh sekolah dan anak dipantau oleh orangtua belajar di rumah. Di daerah juga (libur), kalau yang sekolah dekat dengan lokasi (karhutla) kemarin itu sudah dipulangkan, sepeti di Sialang,” jelas Faturrahman.

Sedangkan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA), menurutnya juga telah mendapat instruksi libur dari Gubernur Riau melalui Kepala Disdik Provinsi Riau.

Selain itu, Kantor Kemenag Inhil juga mengeluarkan instruksi libur per tanggal 10–11 September 2019 bagi Madrasah Ibtidaiyah (MIN) negeri/swasta, Madrasah Tsanawiyah (MTs) negeri/swasta, dan Madrasah Aliyah (MA) negeri/swasta di Kabupaten Inhil.

Surat pemberitahuan yang ditandatangani Kepala Kantor Kemenag Inhil, Harun, juga ditembuskan kepada Kantor Kemenag Riau. “Iya, SMA dari Gubernur sama dari Kemenag juga ada instruksi libur seluruhnya,” tambah Faturrahman. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved