Berita Riau

Mainar Ingin Majukan Kampung Halaman, Mantan Presenter Televisi Ikut Tes Balon Kades di Siak Riau

Mainar mempunyai pengalaman tentang kepemerintahan sejak ia menjadi presenter di satu stasiun televisi di Pekanbaru,Riau.

Mainar Ingin Majukan Kampung Halaman, Mantan Presenter Televisi Ikut Tes Balon Kades di Siak Riau
Tribun Pekanbaru/Mayonal Putra
Mainar, Balon Penghulu Kampung Sungai Rawa, Kecamatan Sungai Apit, Siak ikuti tes tertulis dan wawancara Balon Penghulu Kampung, Selasa (10/9/2019) di aula kantor Bupati Siak. 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Dari 54 bakal calon (balon) kepala desa (kades) atau penghulu sebutan di Kabupaten Siak, yang mengikuti seleksi tes tertulis dan interview, Selasa (10/9/2019), ada satu perempuan yang mencuri perhatian.

Mainar, demikian nama perempuan berhijab yang mengikuti tes yang digelar di aula Raja Indra Pahlawan kantor Bupati Siak itu.

Mainar mengatakan ingin berjuang di Kampung Sungai Rawa, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak.

Mainar tertarik dalam suksesi 6 tahunan itu untuk memajukan kampungnya. Mainar mempunyai pengalaman tentang kepemerintahan sejak ia menjadi presenter di satu stasiun televisi di Pekanbaru, Riau.

"Saya ingin memajukan dan mengangkat martabat Sungai Rawa menjadi lebih baik lagi," katanya.

Mainar mempunyai bekal pengetahuan tentang manajerial pemerintahan kampung. Bahkan ia juga sudah tahu peta wilayah dan sosial masyarakat Kampung Sungai Rawa.

Peserta sebanyak 54 orang ini hanya untuk beberapa kampung yang ada di Kabupaten Siak.

Masing-masing kampung akan diambil 5 orang kandidat. Tes tersebut dimaksud untuk meningkatkan kapasitas pemimpin yang cerdas dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan mendukung tercapainya visi misi Kabupaten Siak.

Bupati Siak yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Leonardus Budhi Yuwono menyampaikan, hasil dari seleksi ini menggambarkan keberhasilan dari peserta dalam memimpin wilayahnya.

"Penghulu diharapakan menjadi perpanjangan tangan dari pemerintah untuk melayani masyarakat," kata Budi Yuwono.

Maka dari itu, Budhi juga meminta kepada penghulu yang terpilih nanti punya kesungguhan menyempurnakan program smart kampung dan memiliki inovasi untuk memajukan wilayahnya.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat Kampung Siak Yurnalis Basri mengatakan, pelaksanaan seleksi dilakukan, mengingat telah berakhirnya masa jabatan penghulu di 45 kampung yang terdapat di11 kecamatan.

"Kita harapkan, para bakal calon penghulu mampu menyampaikan gagasan dan inovasi yang
berkaitan dengan pemerintah kampung, serta mampu melaksanakan tugas pokok apabila terpilih menjadi penghulu," ucap Yurnalis. (Tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved