Berita Riau

Besok Rapat Karhutla di Jakarta, Gubri Syamsuar Kumpulkan Bupati & Walikota Begitu Tiba di Pekanbaru

Karena Indonesia sedang berduka atas kepulangan mantan Presiden RI ke 3 BJ Habibie, rapat diundur besok pukul 14.00 WIB.

Besok Rapat Karhutla di Jakarta, Gubri Syamsuar Kumpulkan Bupati & Walikota Begitu Tiba di Pekanbaru
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Kabut asap pekat menyelimuti kawasan Sungai Siak, Kamis (12/9/2019). Berdasarkan data yang disiarkan BMKG, terpantau 1.316 titik panas di Riau. Sebanyak 279 titik di antaranya berada di Riau. (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

Besok Rapat Karhutla di Jakarta, Gubri Syamsuar Kumpulkan Bupati & Walikota Begitu Tiba di Pekanbaru

TRIBUNPEKANBARU.COM - Kondisi kualitas udara di Provinsi Riau akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) semakin mengkhawatirkan, membuat Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi, pulang lebih cepat dari yang sudah dijadwalkan.

"Saya siang ini ke Jakarta, karena besok ada rapat koordinasi khusus (rakorsus) tingkat menteri membahas karhutla di Jakarta," kata Syamsuar, Kamis (12/9/2019).

Dikatakan Syamsuar, Rakorsus tingkat menteri membahas Karhutla di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat, seharusnya dilaksanakan hari ini.

Baca: FOTO: Mahasiswa Tuntut Gubernur Riau Tuntaskan Kabut Asap

Baca: Lagi, Demo di Kantor Gubernur Riau, Kali Ini HMI yang Tuntut Syamsuar Tuntaskan Kebakaran Hutan

Baca: LIVE FB: Mahasiswa Unri Tuntut Gubernur Riau Syamsuar Tuntaskan Kabut Asap

Namun, karena Indonesia sedang berduka atas kepulangan mantan Presiden RI ke 3 BJ Habibie, rapat diundur besok pukul 14.00 WIB.

"Besok siang rapat di Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemko Polhukam) di Jakarta. Kelima gubernur tersebut, termasuk saya, ikut rapat membahas penanggulangan karhutla yang terjadi dimasing-masing provinsi," ungkap Syamsuar.

Usai rakorsus tingkat menteri tersebut, dijelaskan Syamsuar, dirinya langsung bertolak ke Pekanbaru. Setibanya di Pekanbaru, dirinya akan mengumpulkan seluruh bupati/walikota, forkopimda dan instansi terkait untuk melakukan aksi, agar asap tidak menyerang masyarakat.

"Satgas (satuan tugas) sudah berupaya melakukan pemadaman di Riau. Namun, karena angin mengarah ke Riau, asap akibat karhutla di provinsi tetangga mengarah ke Riau," ujar Syamsuar.

Baca: Kenangan Habibie di Riau Kaget Enaknya Cicipi Mi Sagu Pedas

Baca: Kenangan BJ Habibie di RM Sari Bundo, Ini Menu Masakan Padang dan Tempat Duduk Favoritnya

Baca: Potret 6 Cucu BJ Habibie, Ada Pasha si Calon Penerus Bidang Dirgantara & Tifani yang Akting di Film

Rakorsus Tingkat Menteri di Kemenko Polhukam besok, akan dihadiri Panglima TNI, Kapolri, Menteri Luar Negeri, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Kesehatan, Menteri Perhubungan, Kepala BNPB, Kepala BMKG, Plt Sesmonko Polhukam, dan Deputi Bidkor Kamtibmas Kemenko Polhukam.

Selain itu yang hadir, Gubernur Riau, Kapolda Riau, Danrem 031/Wirabima, Gubernur Sumatera Selatan, Pangdam II/Sriwijaya, Kapolda Sumsel, Gubernur Jambi, Kapolda Jambi, Danrem 042/Garuda Putih, Gubernur Kalteng, Danrem 102/Panju Panjung, Kapolda Kalteng, Gubernur Kalbar, Pangdam XII/Tanjungpura, dan Kapolda Kalbar. (Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgiono)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved