Jadikan Pekanbaru Tujuan Wisata Halal, Pemko Pekanbaru Kerjasama dengan Yayasan Riau Edukasi

Pemko Pekanbaru meneken kerjasama dengan Yayasan Riau Edukasi, untuk mempromosikan Pekanbaru sebagai tujuan wisata halal.

Jadikan Pekanbaru Tujuan Wisata Halal, Pemko Pekanbaru Kerjasama dengan Yayasan Riau Edukasi
tribun pekanbaru
Wako Pekanbaru meneken kerjasama pengembangan wisata halal dengan Yayasan Riau Edukasi, Rabu (11/9) malam lalu. 

tribunpekanbaru.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menjalin kerjasama dengan Yayasan Riau Edukasi, untuk pengembangan wisata halal di Kota Pekanbaru.

Kedua pihak menandatangani kesepakatan kerjasama bertajuk Sumatara Halal Destination and Investment Promotion Centre (SUMEC), di sebuah retoran di Pekanbaru pada Rabu (11/9) malam lalu.

Proses penandatangan dilakukan langsung oleh Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT bersama Ketua Yayasan Riau Edukasi, Raja Susi Dewi Yanti. Kerjasama ini adalah tindak lanjut Kota Pekanbaru untuk menjadi tujuan wisata halal di Sumatra.

"Jadi nantinya Pekanbaru punya pusat informasi seputar wisata halal di Pekanbaru Exchange," jelas Ketua Yayasan Riau Edukasi, Raja Susi Dewi Yanti dalam sambutannya.

Wanita berkerudung ini menyebut, ada sejumlah program Sumec di antaranya digital halal city branding, yang nantinya akan melakukan pemasaran wisata halal secara digital.

Ada juga Mahakarya Sumatra dengan cara menggelar aneka kegiatan seni. Salah satu di antaranya adalah Akademi Melayu Asia yang diikuti peserta dari sejumlah negara di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Brunei.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT menyebutkan, kegiatan ini merupakan upaya meningkatkan kerjasama di sektor pariwisata. Ia berharap ada percepatan dalam mengembangkan sektor wisata, khususnya wisata halal di Kota Pekanbaru.

Firdaus mengajak masyarakat bisa ikut terlibat dalam mengembangkan sektor wisata halal. Apalagi saat ini pemerintah kota sedang gencar meningkatkan sektor pariwisata.

"Kita harapkan kerjasama ini bisa mengoptimalkan pengembangan Pekanbaru sebagai salah satu destinasi wisata halal di Sumatra," terangnya.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru, Ardiansyah Eka Putra menyebutkan, kerjasama ini menjadikan Pekanbaru sebagai pusat promosi wisata halal dan investasi di Sumatra. Tahap awalnya adalah kerjasama dengan 25 kota di Sumatra.

"Jadi kota lain bisa berpromosi di Kota Pekanbaru, pemasaran wisata halal pun semakin mudah," terangnya.

Ia menilai, Pekanbaru bisa menjadi pusat promosi wisata halal karena posisinya yang strategis. Bahkan bisa menggandeng wisatawan dari negeri jiran Malaysia, dan beberapa negara lainnya. (fer)

Penulis: Fernando
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved