Kabut Asap Membahayakan Kesehatan, KONI Riau Izinkan Atlet Libur Latihan

Hingga saat ini, KONI Riau belum menerima laporan ada atlet Riau yang terkena ISPA. Namun kabut asap telah mengganggu persiapan menuju PON Papua.

Kabut Asap Membahayakan Kesehatan, KONI Riau Izinkan Atlet Libur Latihan
Internet
Logo KONI

tribunpekanbaru.com - Kualitas udara Kota Pekanbaru dan Riau umumnya, memburuk dalam beberapa hari terakhir yang berdampak kepada kesehatan. Keadaan ini dikhawatirkan juga berimbas kepada atlet-atlet Riau yang sedang bersiap menghadapi PON di Papua tahun depan.

Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis, Kamis (12/9), mengatakan bahwa pihaknya sudah mengeluarkan imbauan kepada semua cabor agar menjaga kesehatan para atlet dan pelatih.

"Para atlet kita kini sedang menjalani pemusatan latihan. Karena sebagian cabor ada yang sedang Pelatda Porwil, ada juga yang pemusatan untuk Kejurnas Pra PON," sebut Emrizal menjawab Tribun.

Selain itu, kata Emrizal, pihaknya juga meminta kepada seluruh pelatih dan atlet yang sedang menjalani pemusatan latihan untuk mengambil waktu libur. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kesehatan atlet bila udara di Pekanbaru dinilai sudah sangat mengkhawatirkan.

"Terutama untuk atlet kita yang berlatih di lapangan terbuka. Pelatih harus menyiasati untuk latihan para atlet ini, karena kesehatan atlet paling penting sekarang ini," paparnya.

Dikatakan, sampai saat ini belum ada cabor yang melaporkan atletnya yang terkena ISPA akibat kabut asap. "Kita harapkan jangan sampai terjadi," katanya.

Mengenai sampai kapan atlet diperbolehkan libur, ditegaskan Emrizal, libur untuk atlet bukan berarti meliburkan latihan dalam jangka waktu lama. Namun keputusan ini bisa diambil apabila kabut asap sudah pekat seperti beberapa hari belakangan ini. Apalagi papan ISPU menundukkan kualitas udara sudah tidak sehat.

"Pelatih bisa mengambil inisiatif. Kami serahkan keputusan yang terbaik kepada pelatih," tambahnya.

KONI Riau mengharapkan agar para atlet dan pelatih menjaga kesehatan selama kabut asap melanda Riau. "Kita berharap bencana ini segera berakhir," katanya. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved