Ratusan Barongan akan Tampil Kolosal pada Festival Rampak Barongan 2019 di Alam Mayang

Festival Rampak Barongan 2019 ini digelar untuk memeriahkan tahun baru Hijriah 1441. Selain barongan, juga akan ada atraksi kuda lumping.

Ratusan Barongan akan Tampil Kolosal pada Festival Rampak Barongan 2019 di Alam Mayang
internet
Barongan 

tribunpekanbaru.com - Ratusan penggiat Seni Jaranan bakal meramaikan Festival Rampak Barongan 2019, hari Minggu (15/9) mendatang. Mereka bakal menampilkan atraksi di obyek Wisata Alam Mayang, Pekanbaru.

Pertunjukan barongan nantinya akan dikemas layaknya pertunjukan kolosal. Ada sekitar seratus barongan yang ikut dalam penampilan nanti.

Ketua Panitia Silaturahmi Jaranan Seluruh Provinsi Riau tahun 2019, Sularno, menyebutkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan momen tahun baru 1441 H.

Kelompok Seni Jaranan yang ikut festival juga sudah menggelar kegiatan pada momen tahun baru Hijriah di tempatnya masing-masing.

"Ini jadi rangkaian untuk memeriahkan tahun baru Hijriah," paparnya kepada Tribun, Kamis (12/9).

Menurutnya, penggiat seni jaranan yang ikut dalam Festival Rampak Barongan tidak cuma kelompok kuda lumping yang ada di Pekanbaru. Karena ada pula penggiat seni Jaranan dari Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan, dan Kabupaten Kampar yang akan ikut ambil bagian.

Sularno memprediksi, jumlah peserta yang akan memeriahkan festival seni tradisi ini berkisar 250 orang.

"Mereka tergabung dalam beberapa kelompok. Namun dalam pertunjukan nanti bakal menjadi satu," terangnya.

Penggiat seni Jaranan di Paguyuban Singo Taruna ini menyebut, bahwa nantinya juga bakal ada penampilan seni dan atraksi kuda lumping dari berbagai kelompok kuda lumping yang ada di Riau.

Sularno menyebutkan, kegiatan ini mempelihatkan suasana kekeluargaan kelompok seni Jaranan. Mereka ingin mempererat silaturahmi antarpelaku seni jaranan yang ada di Bumi Lancang Kuning.

Pria berkumis ini menyebutkan, persiapan saat ini hampir 100 persen. Sehingga pihak penyelenggara sudah siap untuk menggelar Festival Rampak Barongan 2019. Masyarakat pun bisa datang untuk menyaksikan kegiatan ini.

"Nantinya kegiatan berlangsung pada Minggu siang hingga sore," terangnya.

Pembina Festival Rampak Barongan, Riyono, menyebutkan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan di lapangan play ground wisata Alam Mayang. Ia pun mengajak masyarakat untuk ikut memeriahkan kegiatan ini.

Pria yang juga pengelola obyek wisata itu mendukung penuh pelaksanaan festival tersebut. Apalagi kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan seni tradisi.

"Kami ingin jadi perekat beragam kebudayaan yang ada di Riau. Bahkan menjadikan Alam Mayang sebagai laboratorium budaya," jelasnya. (fer)

Penulis: Fernando
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved