Siak

STORY - Bunda Literasi Siak Ajak Kaum Ibu Atasi Kecanduan Anak Pada TV dan Ponsel

Bunda Literasi Rasidah Alfedri bertekad mengkampanyekan peran strategis keluarga sebagai faktor dominan untuk anak.

STORY - Bunda Literasi Siak Ajak Kaum Ibu Atasi Kecanduan Anak Pada TV dan Ponsel
Istimewa
Bupati Siak Alfedri memasangkan selempang Bunda Literasi kepada istrinya Rasidah Alfedri, Kamis (12/9/2019) di halaman Dinas Perpustakaan Siak. 

STORY - Bunda Literasi Siak Ajak Kaum Ibu Atasi Kecanduan Anak pada TV dan Ponsel

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Istri Bupati Siak Alfesri, Rasidah Alfedri dikukuhkan menjadi Bunda Literasi Kabupaten Siak, saat pembukaan Jambore Perpustakaan 2019, Kamis (12/9/2019) di halaman Kantor Dinas Perpustakaan Kabupaten Siak.

Usai dikukuhkan, Bunda Literasi Rasidah Alfedri bertekad mengkampanyekan peran strategis keluarga sebagai faktor dominan dalam pembentukan karakter serta kebiasaan anak.

Sehingga menjadi media yang efektif untuk menumbuhkan kebiasaan positif, seperti kegemaran membaca di Kabupaten Siak.

Baca: Kenangan Habibie di Riau Kaget Enaknya Cicipi Mi Sagu Pedas

Baca: Kenangan BJ Habibie di RM Sari Bundo, Ini Menu Masakan Padang dan Tempat Duduk Favoritnya

Baca: Potret 6 Cucu BJ Habibie, Ada Pasha si Calon Penerus Bidang Dirgantara & Tifani yang Akting di Film

Soal peran strategis keluarga sebagai sarana pembinaan minat baca anak kata Rasidah, sudah lebih dahulu dibuktikannya di llingkungan keluarga khususnya kepada anak bersama sang suami.

"Kebiasaan yang dihidupkan di rumah setelah salat magrib adalah membaca, dimulai dengan membaca Alquran kemudian membaca buku-buku lainnya," ungkapnya.

Sebagai Bunda Literasi, dalam waktu dekat ini dia akan segera mengukuhkan Bunda Literasi di tingkat kecamatan dan kampung di Kabupaten Siak.

Tujuannya untuk membantu Pemerintah Daerah dalam memasyarakatkan minat baca serta mempromosikan kegiatan literasi, sekaligus menjembatani gerakan mengintegrasikan dan mensinergikan kegiatan literasi pemerintah dan swasta.

"Harapannya, anak-anak kita di Kabupaten Siak tumbuh menjadi anak yang pintar dan gemar membaca, sehingga menjadi generasi penerus yang bisa dibanggakan," kata Guru SMAN 1 Siak yang biasa dipanggil Ibu Ida ini.

Baca: STORY - Penghulu Kampung di Siak Kembangkan Perpustakaan Kampung untuk Pemberdayaan Masyarakat

Baca: FOTO: Pahlawan Super Spiderman Ikut Padamkan Kebakaran Lahan di Rimbo Panjang Riau

Ida juga berharap agar kaum ibu di rumah dapat memanfaatkan momen bersama anak-anaknya untuk menanamkan budaya membaca, yang dimulai dengan membacakan buku, dan tidak me.mbiasakan anak menonton TV dan main Ponsel.

“Penting rasanya apabila anak dalam usia PAUD dibacakan buku, karena memang di usia mereka suka mendengar cerita," ujarnya.

Rasidah juga ingin berjuang bagaimana menyelamatkan anak-anak dari ketergantungan smartphone dan TV. (Tribunsiak.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved