Indragiri Hulu

Kualitas Udara Inhu Riau Sangat Tidak Sehat Hasil Pengukuran ISPU BTKLPP, Lakukan Ini

Pengukuran kualitas udara ini sudah dua kali dilakukan oleh BTKLPP di Kabupaten Inhu.

Kualitas Udara Inhu Riau Sangat Tidak Sehat Hasil Pengukuran ISPU BTKLPP, Lakukan Ini
Tribun Pekanbaru/Melvinas
Ilustrasi 

Kualitas Udara Inhu Riau Sangat Tidak Sehat Hasil Pengukuran ISPU BTKLPP, Dinkes Inhu Sarankan Ini untuk Masyarakat

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Selama dua hari kemarin Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kementrian Kesehatan melakukan pengukuran kualitas udara di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Pengukuran kualitas udara ini sudah dua kali dilakukan oleh BTKLPP di Kabupaten Inhu.

Pengukuran ini dilakukan karena Inhu belum memiliki alat pengukur indeks standar pencematan udara (ISPU). Hasil pengukuran yang kedua kalinya, menunjukan kualitas udara pada kategori sangat tidak sehat.

Dua orang dari BTKLPP Batam turun melakukan pengukuran. Terdapat empat tempat yang menjadi lokasi pengukuran, yakni Halaman Kantor Bupati Inhu, Kecamatan Rengat Barat, Danau Raja, Kecamatan Rengat, Bandara Japura, Kecamatan Lirik, dan Lapangan Sepakbol di Kecamatan Seberida, Inhu.

Baca: Kabut Asap Pekanbaru Pekat, GM Bandara SSK II Akui Sejumlah Penerbangan Terganggu Jumat Pagi

Baca: BREAKING NEWS : Tiga Kampus di Riau Liburkan Mahasiswa Akibat Kabut Asap di Riau

Kepala Dinas Kesehatan, Elis Julinarti mengatakan bahwa kualitas udara di Inhu sudah sangat tidak sehat.

"Kita sudah menerima laporan dari tim BTKLPP yang turun melakukan pengukuran, dan hasil pengukuran ini akan segera kita laporkan ke Sekda," kata Elis yang dihubungi sesaat setelah tiba dari kunjungan kerja di kementrian, Jumat (13/9/2019).

Elis mengatakan bahwa pihaknya juga sudah mempersiapkan langkah mitigasi atau seranhkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana.

Sejumlah langkah mitigasi yang disampaikan oleh Dinkes Inhu, antara lain tetap berada di dalam ruangan, kirangi aktifitas di luar ruangan, jangan merokok di dalam rumah, gunakan masker dan alat pelindung lainnya, cuci buah dan sayur sebelum dimakan, ganti masker bila sudah kotor, sediakan P3K di dalam rumah, mempersiapkan tempat penampungan dengan udara dan air bersih, memperbanyak minum air putih, menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), menjamin penampungan air minum dan makanan harus terlindung dengan baik, bahan makanan dan minuman harus dimasak dengan baik, bagi penderita penyakit paru-paru dan jantung agar berkonsulitasi dengan dokter.

Baca: Tersangka Pencurian Modus Gembos Ban Terpaksa Ditembak, Sudah 9 kali Beraksi di Pekanbaru

Baca: Ricuh, Mahasiswa Gabungan dari Beberapa Universitas Geruduk Kantor Gubenur Riau

Selain itu, Dinkes Inhu juga sudah menyiapkan pos-pos pelayanan kesehatan di seluruh Puskesmas. Seluruh Puskesmas di Kabupaten Inhu juga dibuka selama 24 jam.

Dinkes Inhu juga memastikan seluruh Puskesmas memiliki dokter dan perawat untuk memberikan pelayanan 24 jam. (Tribuninhu.com/Bynton Simanungkalit)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved