Indragiri Hulu

Mahasiswa dan Pelajar Bantu Petugas di Inhu Melakukan Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan

Humas STIE I Rengat, Agus Supriyadi mengatakan sejumlah organisasi yang terlibat dalam aksi solidaritas ini

Mahasiswa dan Pelajar Bantu Petugas di Inhu Melakukan Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan
Istimewa
Mahasiswa dan pelajar berfoto bersama petugas usai melakukan pemadaman di Sungai Raya, Kecamatan Rengat, Inhu, Jumat (13/9/2019). 

Mahasiswa dan Pelajar Bantu Petugas di Inhu Melakukan Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Puluhan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE I) dan siswa serta pemuda di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melakukan aksi solidaritas dalam menghadapi bencana kabut asap yang melanda Inhu. Dimulai Jumat (13/9/2019) pagi, para mahasiswa dan siswa tersebut melakukan pembagian masker. Usai membagikan masker, mereka langsung terjun ke lokasi lahan terbakar di Desa Sungai Raya, Kecamatan Rengat Inhu untuk membantu petugas melakukan pemadaman.

Ketua STIE I Rengat, Ivalaina Astarina melalui Humas STIE I Rengat, Agus Supriyadi mengatakan sejumlah organisasi yang terlibat dalam aksi solidaritas ini, antara lain Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Oasis STIE I, Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) STIE I, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik STIE I, KSR STIE I, IT Club STIE I, Kelompok Pecinta Alam (KPA) Pesona Alam, dan Siswa Pecinta Alam (Sispala) SMA N 1 Kecamatan Seberida. "Ada 17 orang Sispala SMAN 1 Seberida tadi yang ikut dengan kita, total semua kita yang ikut melakukan pemadaman sebanyak 40 orang," kata Agus, Jumat (13/9/2019).

Baca: Tersangka Pencurian Modus Gembos Ban Terpaksa Ditembak, Sudah 9 kali Beraksi di Pekanbaru

Baca: Ricuh, Mahasiswa Gabungan dari Beberapa Universitas Geruduk Kantor Gubenur Riau

Baca: Kabut Asap Pekanbaru Pekat, GM Bandara SSK II Akui Sejumlah Penerbangan Terganggu Jumat Pagi

Baca: BREAKING NEWS : Tiga Kampus di Riau Liburkan Mahasiswa Akibat Kabut Asap di Riau

Setibanya di lokasi, tim langsung melakukan pemadaman bersama dengan petugas Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu, Manggala Agni, dan juga TNI Polri. Agus yang menerangkan, lokasi yang terbakar merupakan lahan gambut. Sementara sumber air sulit didapat, sehingga proses pemadaman tidak berjalan dengan lancar. "Kita harus mencari sumber air yang agak dalam, karena air-air di dalam kanal itu sudah mulai mengering karena musim kemarau panjang ini," kata Agus.

Agus menerangkan lokasi yang terbakar merupakan areal kebun sawit. Luasnya diperkirakan mencapai enam hektar. Sehingga tim kesulitan melakukan pemadaman api di areal tersebut. "Saat kita tinggalkan masih ada api yang menyala, di dalam gambut," kata Agus.

Sehari sebelumnnya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIE I bersama dengan BEM Indragiri juga turun ke Sungai Raya melakukan pemadaman api. Mahasiswa di Kabupaten Inhu menyerukan agar mahasiwa berjuang demi Riau bebas asap. (Tribuninhu.com/Bynton Simanungkalit)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved