RS Awal Bros A Yani Dilengkapi Layanan Ortotik Prostetik

Tingkatkan layanan kesehatan, Rumah Sakit Awal Bros A.Yani unit Rehabalitasi Medik saat ini telah dilengkapi Ortotik Prostetik.

RS Awal Bros A Yani Dilengkapi Layanan Ortotik Prostetik
TRIBUN PEKANBARU
Rombongan Tribun Pekanbaru, saat kunjungan silaturrahmi ke RS Awal Bros A. Yani, Jumat (13/9). Di rumah sakit ini sudah dilengkapi layanan Ortotik Prostetik. 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU - Tingkatkan layanan kesehatan, Rumah Sakit Awal Bros A.Yani unit Rehabalitasi Medik saat ini telah dilengkapi Ortotik Prostetik.

Ortotik Prostetik adalah satu ilmu teknik dalam bidang medis yang melayani pengukuran, desain, pembuatan, pengepasan, dan penyelesaian akhir alat bantu (ortose) bagi anggota tubuh yang mengalami nyeri, lumpuh, cacat dan pengganti anggota gerak (protese) pada anggota gerak tubuh yang hilang, seperti cacat dari lahir, amputasi karena kecelakaan atau penyakit.

Direktur RS Awal Bros A Yani dr Fani Farhansyah MARS mengatakan layanan Ortotik Prostetik ini adalah yang pertama di Riau.

"Jadi kita yang langsung membuat kaki dan tangan palsunya," ujar Fani, didampingi Manajer Pengembangan dan Pemasaran RS Awal Bros AYani, dr Dedi Agusmar kepada rombongan Tribun Pekanbaru yang mengunjungi RS Awal Bros A Yani, Jumat (13/9/2019).

Jadi secara umum ortotik prostetik melayani pembuatan protese anggota gerak atas dan bawah (tangan dan kaki palsu), ortose (alat bantu), seperti korset untuk nyeri punggung, alat bantu jalan, dan lain-lain.

Terkait Ortotik prostetik jelas dr Fani, tujuannya untuk Restoration of function (Pengembalian fungsi), Correction of deformity (koreksi kecacatan), Prevention of deformity (mencegah kecacatan lebih lanjut), Mengurangi nyeri dan Kosmetik.

Saat ini tambah dr Fani, ada 35 pasien Ortotik Prostetik di RS Awal Bros A Yani. "Tenaganya kita rekrut dari Solo," ungkapnya.

Atas informasi itu, rombongan Tribun Pekanbaru yang langsung dipimpin Pemimpin Redaksi Hasanah Samhudi dan Pemimpun Perusahaan Anwar Helmi sangat mengapresiasi hadirnya layanan Ortotik Prostetik tersebut. "Layanan ini cukup bagus dan ini pertama pula di Riau," ujar Hasanah Samhudi. (rsy)

Penulis: Rino Syahril
Editor: kasri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved