Berita Riau

Asap Makin Pekat, Salat Istisqa Kembali Digelar di Siak Riau, Bupati Alfedri Ikut Mohon Turun Hujan

Pemkab Siak kembali menggelar Salat Istisqa untuk ketiga kalinya. Salat Istisqa tersebut dilaksanakan di lapangan Tugu,diikuti oleh Bupati Alfedri.

Asap Makin Pekat, Salat Istisqa Kembali Digelar di Siak Riau, Bupati Alfedri Ikut Mohon Turun Hujan
istimewa
Jemaah Salat Istisqa yang digekar Pemkab Siak mendengarkan khutbah usai pelaksanaan salat di Lapangan Tugu, Siak, Riau Selasa (17/9/2019). 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Kabut asap semakin pekat di Kabupaten Siak, Selasa (17/9/2019).

Pada jarak 500 meter, Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah (TASL) Siak benar-benar tidak terlihat akibat kabut asap karhutla.

Pemkab Siak kembali menggelar Salat Istisqa untuk yang ketiga kalinya. Salat Istisqa tersebut dilaksanakan di lapangan Tugu, diikuti oleh Bupati Siak Alfedri, pimpinan OPD Pemkab Siak,

Waka Polres Siak Kompol Abdullah Hariri dan jajaran serta masyarakat.

Salat diikuti lebih kurang 200 orang yang diimami oleh Ustad Zuhri dan khatib Ustad H Muhaimin.

Salat Istisqa adalah salat sunah yang dilakukan untuk meminta diturunkannya hujan. Salat ini dilakukan bila terjadi kemarau yang panjang atau karena dibutuhkannya hujan untuk keperluan tertentu.

Alfedri mengatakan, tujuan dilaksanakan Salat Istisqa memohon diturunkan hujan agar cuaca bersih dan sehat kembali. Kemudian titik api yang masih hidup dapat padam.

"Semoga doa kita kembali diijabah Allah SWT. Hujan diturunkan dengan sangat lebat untuk beberapa hari ke depan. Tidak hanya di Siak namun juga di daerah yang masih terjadi kebakaran
hutan dan lahan," kata dia.

Menurut dia, banyak orang yang sakit gara-gara kabut asap. Sementara sekolah terpaksa diliburkan hingga udara kembali sehat.

"Dampak kabut asap ini menyeluruh dan berpengaruh terhadap ekonomi. Seperti menggangu penerbangan dan lainnya. Upaya sudah banyak kita lakukan, pemadaman titik api terus dilakukan di daerah Mandi Angin dan Sri Mersing," kata Alfedri. (Tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved