Jadwal Kegiatan Jokowi di Riau Hari Ini, Tinjau Karhutla di Desa Merbau Pelalawan

Jadwal Kegiatan Jokowi di Riau Hari Ini, Tinjau Karhutla di Desa Merbau Pelalawan

Jadwal Kegiatan Jokowi di Riau Hari Ini,  Tinjau Karhutla di Desa Merbau Pelalawan
Tribun Pekanbaru/Risky Armanda
Jadwal Kegiatan Jokowi di Riau Hari Ini, Tinjau Karhutla di Desa Merbau Pelalawan 

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI- Hari ini, Selasa (17/9/2019), Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan meninjau Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Merbau Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan Riau.

Peninjauan di Desa Merbau Pelalawan merupakan bagian dari kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Riau dalam upaya penanggulangan Karhutla dan kabut asap. Berdasarkan jadwal tentatif yang diterima tribunpelalawan.com, Presiden Jokowi beserta rombongan akan tiba di Desa Merbau pukul 09.00 wib menggunakan tiga helikopter. Rombongan akan mendarat di lapangan sepak bola Desa Merbau dan kemudian melanjutkan perjalanan darat ke lokasi karhutla.

"Kami sudah berkoordinasi dan briefing bersama protokol kepresidenan tadi. Untuk membahas secara detil kunjungan pak presiden," ungkap Kasubag Protokol Pemkab Pelalawan, Mulyadi, kepada tribunpelalawan.com, Senin (16/9/2019) malam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Hadi Penandjo menuturkan, pihaknya sudah mempersiapkan penyambutan terhadap rombongan presiden di lokasi. Timnya telah berada di Merbau sejak Senin (16/9/2019) sore termasuk melakukan pratinjau ke lokasi yang akan didatangi orang nomor satu di negeri ini.

"Protokol istana dan paspampres juga sudah meninjau lokasi tadi sekaligus melakukan koordinasi," tandasnya. 

Pimpin Rapat Terbatas

Presiden Joko Widodo tidak bisa menyembunyikan kekecewaan atas kondisi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi dan meluas di Provinsi Riau. Kekesalan Jokowi ini disampaikan langsung saat memimpin rapat terbatas di lantai 5 hotel Novotel Jalan Riau Pekanbaru, Senin (16/9/2019) malam.

"Saya minta laporan singkat-singkat saja. Sebetulnya sudah tidak perlu lagi rapat seperti ini, karena kalau menjelang masuk musim kemarau semuanya harus sudah siap, tapi ini kita lalai lagi, sehingga asapnya jadi membesar," kata Presiden Jokowi.

Dalam rapat yang dihadiri oleh sejumlah menteri, panglima TNI, Kapolri dan Gubernur Riau tersebut Jokowi juga kembali mengingatkan kepada peserta rapat soal pentingnya melakukan pencegahan sebelum terjadinya kebakaran lahan. Sebab jika sudah terjadi kebakaran lahan, apalagi jika kebakaran yang terjadi di lahan gambut akan sulit dipadamkan.

"Saya ingin mengingatkan rapat bulan Juli kemarin di istana, bahwa pencegahan dalam penanggulangan kebakaran lahan dan hutan itu mutlak harus dilakukan. Karena kalau sudah terjadi kebakaran, apalagi di lahan gambut, pengalaman bertahun-tahun, itu sangat sulit menyelesaikannya," ujar Jokowi.

Halaman
12
Penulis: johanes
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved