Di Inhil Ada 1.088 Pasien ISPA Terdampak Kabut Asap

Bencana kabut asap yang melingkupi udara Kabupaten Inhil, membuat ribuan warganya menderita penyakit ISPA.

Di Inhil Ada 1.088 Pasien ISPA Terdampak Kabut Asap
Tribun Pekanbaru/Donny Kusuma Putra
Pasien ISPA 

tribunpekanbaru.com - Penderita ISPA juga terpantau di Kabupaten Inhil dan jumlahnya cenderung meningkat setiap hari.

Data Posko Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Inhil, periode 1–16 September 2019 tercatat ada 965 pasien ISPA yang ditangani.

Kepala Dinkes Inhil, Zainal Arifin menuturkan, jumlah ini naik drastis hanya dalam beberapa hari. “Sampai 18 September jumlah penderita ISPA yang dilaporkan Posko Kesehatan 1.088 orang,” ujar Zainal Arifin, Kamis (19/9).

Bagi masyarakat yang ingin memeriksakan kesehatan bisa datang ke Posko terdekat yang telah disiapkan. Zainal menjelaskan, Dinkes mendirikan Posko Kesehatan antara lain satu posko induk, 28 Posko Puskesmas, dan 200 Posko di Puskesmas Pembantu (Pustu).

Selain itu, Dinkes juga melakukan sosialisasi melalui Puskesmas Keliling dan mobil Promosi Kesehatan (Promkes), memasang spanduk antisipasi dampak karhutla, melalui website dan media sosial, pembagian masker ke sekolah, fasilitas kesehatan, dan persimpangan jalan.

Di lapangan, menurutnya, Dinkes Inhil bekerjasama dengan semua komponen seperti mahasiswa, LSM, TNI, Polri, ormas, dan pihak terkait lainnya. "Kita juga mengerahkan P3K ke lokasi karhutla untuk pemeriksaan dan pengobatan, serta pemeriksaan ISPU oleh BTKL PP Batam,” tambahnya. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved