Kodim Inhil Dirikan Pos Kesehatan Bantu Korban Asap, Terbuka untuk Masyarakat Umum

Sejak dibuka, sudah ada 14 warga yang datang ke Posko Kodim dengan Keluhan ISPA. Warga pun mendapat bantuan medis dari tim kesehatan Kodim.

Kodim Inhil Dirikan Pos Kesehatan Bantu Korban Asap, Terbuka untuk Masyarakat Umum
istimewa
Dandim Inhil, Letkol (Inf) Imir Faisal saat meninjau Poskes Kodim 0314/Inhil, Jumat (20/9). 

tribunpekanbaru.com - Kodim 0314/Inhil mendirikan Posko Kesehatan (Poskes) di Jalan Ahmad Yani, tepatnya di depan Asrama Kodim.

Posko ini dibuat sebagai rumah singgah, apabila ada masyarakat yang mengalami sakit akibat dampak kabut asap yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Inhil.

Dandim 0314/Inhil, Letkol (Inf) Imir Faisal menuturkan, rumah singgah ini merupakan kesiap-siagaan Kodim dalam rangka membantu korban kabut asap karhutla, dan posko ini dibuka untuk masyarakat umum.

Tidak hanya di Tembilahan, di setiap kecamatan dan desa juga sudah dibuat rumah singgah yang bekerja sama dengan Pustu (Puskesmas Pembantu) dan Puskesmas.

“Apabila ada masyarakat yang terkena ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) dapat segera ditolong dan ditangani oleh tenaga medis yang ada,” ujar Imir saat meninjau kesiapan posko, Jumat (20/9).

Menurutnya, selama kabut asap ini sudah ada 14 orang warga yang terkena ISPA yang ditangani oleh tim kesehatan Kodim. Di antaranya dengan pemberian oksigen dan pembagian masker kepada pasien.

“Pasien mendapatkan pemeriksaan kesehatan di rumah singgah Kodim, dalam upaya pemulihan kesehatan bagi masyarakat yang terdampak asap karhutla," terangnya.

Dalam pemeriksaan itu, Dandim Imir Faisal berpesan kepada Serda Samsir selaku Kepala Pos Kesehatan Kodim, bila ada pasien ISPA dampak karhutla agar dirawat dan diberi pengobatan secara gratis.

“Bila perlu, kalau ada pasien mengalami dampak yang cukup serius, segera dirujuk ke rumah sakit terdekat," katanya.

Rumah singgah yang didirikan Kodim 0314/Inhil ini akan beroperasi sampai batas waktu yang tidak ditentukan, selama kabut asap masih ada.

Selain itu, sejumlah Posko Kesehatan gratis juga dibuka bersama Koramil dan Babinsa jajaran Kodim 0314/Inhil, untuk membantu korban kabut asap di seluruh wilayah Inhil. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved