Berita Riau

Pasca Vonis Bebas Pengadilan Tinggi Terhadap 3 Dokter RSUD Arifin Achmad Riau, Jaksa Ajukan Kasasi

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri menyatakan akan mengajukan kasasi.

Pasca Vonis Bebas Pengadilan Tinggi Terhadap 3 Dokter RSUD Arifin Achmad Riau, Jaksa Ajukan Kasasi
Internet
Ilustrasi 

Pasca Vonis Bebas Pengadilan Tinggi Terhadap 3 Dokter RSUD Arifin Achmad, Jaksa Ajukan Kasasi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pasca vonis bebas majelis hakim terhadap 3 dokter RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri menyatakan akan mengajukan kasasi.

Hal ini karena Jaksa keberatan atas vonis bebas terhadap tiga dokter yang tersandung kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan (Alkes) di rumah sakit milik pemerintah daerah itu.

Ketiga oknum dokter yang dimaksud yakni, dr Kuswan Ambar Pamungkas, SpBP-RE, dr Weli Zulfikar, SpB (K) KL, dan drg Masrial, SpBM.

Baca: Naik Mobil Pick Up, Gubernur Riau Syamsuar Janji Bekukan Izin Lingkungan Perusahaan Pembakar Lahan

Kasasi tersebut, diajukan ke Makamah Agung (MA) melalui Pengadilan Negeri Pekanbaru.

"JPU menyatakan kasasi atas vonis bebas Pengadilan Tinggi Pekanbaru. Sudah (memori kasasi) diserahkan ke kita. Kemarin diserahkannya," sebut Panitera Muda (Panmud) Tipikor pada Pengadilan Negeri Pekanbaru, Rosdiana Sitorus SH, Jumat (20/9/2019).

Dia menuturkan, pihaknya saat ini sedang menyiapkan dokumen atau berkas untuk dimasukkan dalam registrasi kasasi yang akan dikirim ke MA.

"Setelah beres, akan segera kita kirim ke MA," tuturnya.

Untuk diketahui, perkara dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan (Alkes) yang menjerat tiga orang dokter di RSUD Arifin Achmad Riau, bergulir di Pengadilan Tinggi (PT) Pekanbaru.
Hasilnya, majelis hakim PT Tipikor Pekanbaru yang dipimpin Agus Suwargi dengan dua anggota masing-masing Jarasmen Purba dan KA Syukri menyatakan, ketiga terdakwa tidak bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dakwaan Jaksa.

Ketiga orang dokter itu pun yang menjadi terdakwa dalam perkara itu pun akhirnya dinyatakan dibebaskan. Amar putusannya tertanggal 1 Agustus 2019.

Adapun ketiga dokter itu adalah, dr Kuswan Ambar Pamungkas, SpBP-RE, dr Weli Zulfikar, SpB (K) KL, dan drg Masrial, SpBM. Ketiganya merupakan dokter yang bertugas di rumah sakit milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

"Ketiganya divonis bebas. Salinan putusannya kita terima (Rabu) kemarin," ujar Panitera Muda (Panmud) Tipikor Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru, Rosdiana, Kamis (22/8/2019).

Halaman
12
Penulis: Rizky Armanda
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved