Berita Riau

Gratiskan Biaya Berobat Warga Binaan,Lapas Teken MoU dengan Dinas Kesehatan dan RSUD Bengkalis Riau

Maizar menjelaskan, pelayanan kesehatan untuk warga binaan yang dirujuk ke RSUD akan diberikan secara gratis.

Gratiskan Biaya Berobat Warga Binaan,Lapas Teken MoU dengan Dinas Kesehatan dan RSUD Bengkalis Riau
istimewa
Penandatanganan MoU antara Lapas Bengkalis, Dinas Kesehatan, dan RSUD Bengkalis, Rabu (25/9/2019). 

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bengkalis bersama Dinas Kesehatan dan RSUD Bengkalis menandatangani nota kesepahaman terkait pelayanan kesehatan untuk warga binaan, Rabu (25/9/2019).

Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Lapas Bengkalis Maizar, Kepala Dinas Kesehatan Ersan Saputra dan Wakil Direktur Bidang Pelayanan Rita Puspa.

Maizar menjelaskan, pelayanan kesehatan untuk warga binaan yang dirujuk ke RSUD akan diberikan secara gratis. Nantinya pembayaran dilakukan oleh Dinas Kesehatan Bengkalis.

"Selama ini warga binaan kita banyak terkendala pembiayaan saat dirujuk rumah sakit.Sebagian dari mereka tidak memiliki BPJS, jadi saat dirujuk yang menanggung pembiayaan Lapas Bengkalis,"jelas Maizar.

Dengan kerjasama ini akan meringankan beban Lapas Bengkalis. Pembiayaan yang ditanggung Dinas Kesehatan untuk seluruh pengobatan. Mulai dari rujukan rawat jalan hingga rawat inap.

Kadis Kesehatan, Ersan menambahkan, syaratnya warga binaan harus memiliki KTP atau identitas diri.

"Dengan identitas ini pembiayaan akan ditangung pemerintah daerah melalui Jaminan Kesehatan Masyarakat Daerah (Jamkesmasda) Bengkalis,"ujarnya.

Warga binaan yang mendapatkan jaminan dari Jamkesmasda ini hanya pasien yang tidak memiliki BPJS.

Meskipun akan diberikan Jamkesmasda mereka yang tertanggung ini dalam satu tahun akan dilakukan pendataan. Kemudian akan diintegrasikan dengan BPJS nantinya. (Tribunpekanbaru.com/muhammad natsir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved