Tarif PPJ di Pekanbaru Naik Hingga 10 Persen, Ami: Rendah Dibanding Daerah Lain

Tarif Pajak Penerangan Jalan (PPJ) Kota Pekanbaru akan mengalami penyesuaian. Tidak menyentuh rumah tangga daya kecil dari atau di bawah 3.500 VA.

Tribun Pekanbaru/ Syafruddin Mirohi
Lampu jalan atau Penerangan Jalan Umum (PJU) di Jalan Tuanku Tambusai padam saat malam hari, belum lama ini. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Tarif Pajak Penerangan Jalan (PPJ) Kota Pekanbaru akan mengalami penyesuaian.

Hal itu menyusul disahkannya ranperda tentang perubahan atas Perda Kota Pekanbaru No 3 tahun 2011 tentang PPJ.

Penyesuaian tarif PPJ di Kota Pekanbaru tidak menyentuh rumah tangga dengan daya kecil dari atau di bawah 3.500 VA. Besar tarifnya tetap 6 persen.

Sedangkan untuk tarif PPJ bagi daya listrik mampu lebih dari 3.500 VA naik dari 6 persen menjadi 8 persen. Lalu tarif PPJ untuk bisnis mencapai 10 persen. Kemudian tarif PPJ untuk industri sebesar 10 persen.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin menyebut bahwa besaran tarif PPJ setelah penyesuaian masih rendah dibandingkan daerah lainnya.

Sejumlah daerah sudah menerapkan tarif PPJ flat sebesar 10 persen. "Jadi kenaikan cuma untuk kalangan bisnis industri. Sedangkan untuk masyarakat dengan daya di bawah 3.500 VA masih tetap," ujar pria disapa Ami kepada Tribun, Jumat (27/9/2019) siang

Menurutnya, tarif ini belum diimplementasikan. Proses penerapan tarif ini masih menunggu evaluasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Ami mengatakan bahwa penyesuaian tarif akan dilakukan secepatnya. Bapenda Kota Pekanbaru lebih dulu melakukan sosialisasi terkait penyesuaian tarif ini. "Kita akan lakukan sosialisasi selama satu bulan. Nanti setelah itu baru kita terapkan," ujarnya.

Ami menyebut perubahan dalam Perda Kota Pekanbaru No. 3 tahun 2011 tentang PPJ hanya tentang penyesuaian tarif.

Ia menyebut PPJ dibayarkan oleh pelanggan PLN setiap bayar tagihan listrik dan pembelian token listrik prabayar.

Ada kenaikan target bulanan sekitar dua hingga tiga miliar rupiah dengan penyesuaian tarif Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Kota Pekanbaru. Saat ini setiap bulannya capaian PPJ sebesar Rp 8 miliar.

"Jadi untuk potensi tambahan berkisar Rp 2 miliar hingga Rp 3 miliar. Maka jelang akhir tahun diharapkan penyesuaian tarif bisa dilakukan," kata Zulhelmi.

Menurutnya, capaian pajak daerah dari PPJ hingga 26 September 2019 sebesar Rp 79,8 miliar. Sedangkan target tahun ini dari sektor PPJ mencapai Rp 162 miliar. (*)

Penulis: Fernando
Editor: ihsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved