Beda Nasib, Otavio Dutra Resmi Jadi WNI, Proses untuk Fabiano Beltrame Masih Tertunda

Pemain belakang Persebaya, Otavio Dutra, resmi menjadi WNI. Sementara pemain Persib sesama asal Brasil, Fabiano Beltrame, prosesnya masih tertunda.

Beda Nasib, Otavio Dutra Resmi Jadi WNI, Proses untuk Fabiano Beltrame Masih Tertunda
internet
Pemain Persebaya, Otavio Dutra, usai mengucapkan sumpah sebagai WNI di Kantor Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, Jumat (27/9) lalu. 

tribunpekanbaru.com - Harapan Fabiano Beltrame menyandang status warga negara Indonesia (WNI) kembali terbuka, setelah administrasi pengubahan kewarganegaraan diajukan ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Hal itu diungkapkan Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot Sulistiantoro Dewa Broto, setelah ia mendapat pertanyaan dari pendukung Persib terkait proses naturalisasi Beltrame.

“Sekedar info, untuk Fabiano sudah cukup lama dikirimkan ke Kemkumham. Namun karena kemudian pindah dari MU (Madura United) ke Persib, dan ada persoalan internal saat perpindahan, jadi tertunda. Tetapi sekarang sudah clear, dan bulan lalu sudah diproses lagi ke Kemenkumham,” jelas Gatot.

Kondisi serupa juga dialami gelandang PSM Makassar, Marc Klok. Sedangkan untuk Sandy Walsh, Gatot menegaskan, proses naturalisasi blasteran Indonesia-Belgia Sandy Walsh tidak diproses.

“Klok semoga segera menyusul. Sedangkan Sandy, usulan dari PSSI enggak ada. Untuk Ezra Walian hanya PSSI yang bisa mengatasi masalahnya dengan FIFA,” cuit Gatot di akun twitternya.

Molornya naturalisasi membuat Fabiano Beltrame tidak bisa membela Persib musim ini, karena slot pemain asing Persib sudah penuh. Sebelumnya, Persib merekrut Beltrame dengan harapan naturalisasinya lancar, sehingga dia bisa didaftarkan sebagai pemain lokal. Namun ternyata situasi tak sesuai harapan, sehingga pemain asal Brasil itu selama ini hanya sekedar ikut berlatih bersama Persib.

Kini Fabiano memutuskan kembali ke negara asalnya di Brasil, sambil menyiapkan fisik untuk menghadapi musim depan. "Kami sudah diskusi dengan Fabiano, dia masih di Bandung sambil menunggu naturalisasinya selesai. Setelah itu dia kembali ke Brasil untuk persiapan dan kembali bermain musim depan," kata Robert Albert, pelatih Persib.

Otavio Dutra
Berbeda nasib dengan Beltrame, bek Persebaya Surabaya, Otavio Dutra, justru sudah resmi menjadi WNI. Dutra yang juga asal Brasil ini mengucap sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) di Kantor Kemenkumham Jawa Timur, Jumat (27/9) lalu.

Proses naturalisasi Otavio Dutra memang berjalan lebih lancar di banding Fabiano Beltrame. Pemain asal Brasil itu mengucap sumpah dipimpin Kepala Kanwilkumham Jawa Timur, Susy Susilawati, yang mengakui proses naturalisasi Dutra memang terbilang cepat. Itu tidak lepas dari kepentingan timnas Indonesia.

“Dia lewat jalur prestasi, karena ada beberapa hal untuk bisa jadi WNI, dan yang bersangkutan berdasarkan prestasi. Makanya tidak terlalu lama, karena ini untuk kepentingan negara juga, maka prosesnya relatif cepat,” terang Susy.

Setelah sah menjadi WNI, kini Dutra sudah bisa membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) kurang lebih dalam 14 hari, dan setelahnya mengurus paspor Indonesia.

Dutra sendiri menyampaikan terimakasih usai mengucapkan sumpah sebagai WNI. Dia mengaku tegang bahkan terbawa sampai usai menjalani sumpah. “Lebih susah daripada main di lapangan dengan 70 ribu suporter. Puji Tuhan sudah selesai,” kata Dutra. (rin)

Penulis: rinaldi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved