Berita Riau

Lahan yang Terbakar di Riau Akan Disegel, Dansatgas Karhutla Incar Pemiliknya

Gubri Syamsuar akan melakukan melakukan sejumlah kebijakan menyikapi kebakaran hutan dan lahan di Riau.

Lahan yang Terbakar di Riau Akan Disegel, Dansatgas Karhutla Incar Pemiliknya
TRIBUNPEKANBARU/THEO RIZKY
Tim gabungan dari Manggala Agni, TNI AD, Polisi, BPBD dan relawan lainnya berusaha memadamkan kebakaran lahan di Desa Rimbo Panjang Kabupaten Kampar, Senin (23/9/2019). Para petugas telah berjibaku melakukan pemadaman beberapa hari terakhir dikawasan tersebut agar kebakaran lahan tidak meluas. TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZK 

Lahan yang Terbakar di Riau Akan Disegel, Dansatgas Karhutla Incar Pemiliknya

TRIBUNPEKANBARU.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar akan melakukan melakukan sejumlah kebijakan menyikapi kebakaran hutan dan lahan di Riau.

Pasca diguyur hujan selama beberapa hari ini, saat ini kondisi kebakaran hutan dan lahan di Riau sudah berangsur padam. Meskipun dibeberapa titik masih dilakukan pendinginan titik asap.

Pasca kebakaran hutan dan lahan di Riau Syamsuar selaku Dansatgas Karhutla Riau mengintruksikan kepada jajarannya untuk melakukan penyegelan terhadap lahan yang terbakar.

Pihaknya tidak akan mengincar pemilik lahan yang lahannya tersebut pasca kesebakaran selesai.

"Lahan yang terbakar itu akan kita segel, jadi nanti kalau ada yang menanam diatas lahan yang terbakar itu, maka itulah pelakunya, kalau pun tidak dia langsung, bisa saja dia menyuruh orang untuk membakarnya," kata Syamsuar akhir pekan lalu.

Baca: Link Siaran Langsung Manchester United vs Arsenal, Video TV Online Liga Inggris

Selain itu, Pemprov juga Riau tengah menyiapkan sejumlah langkah dan strategi agar persoalan Karhutla tidak terulang kembali.

Di antaranya adalah dengan memberikan pemahaman dan solusi terhadap masyarakat agar tidak membakar saat membuka lahan untuk berkebun.

"Agar masyarakat tidak membakar lahan ke depan kita akan melakukan sosialisasi dan penyuluhan," ujarnya.

Menurutnya, pemerintah maupun petugas tidak bisa mengawal secara utuh terhadap orang yang membakar lahan, makanya sikap membakar dengan membuka lahan ini harus diubah.

Halaman
12
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved