Siak

STORY - Seine Perancisnya Siak Sepi Pengunjung

Sejak sepekan belakangan, pendestrian sepanjang 871 meter itu tidak banyak didatangi.

STORY - Seine Perancisnya Siak Sepi Pengunjung
Istimewa
Pendestrian Tepian Bandar Sungai Jantan (TBSJ) yang sepi peminat. 

STORY - Seine Perancisnya Siak Sepi Pengunjung

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Pedestrian Tepian Bandar Sungai Jantan (TBSJ) Siak sengaja disamakan dengan tepian Sungai Seine Lyon, Perancis. Namun, pendestrian TBSJ, penunjang utama Water Front City-nya Pemkab Siak tidak terlalu diminati pengunjung.

Pantauan Tribunsiak.com sejak sepekan belakangan, pendestrian sepanjang 871 meter itu tidak banyak didatangi.

Apalagi di siang hari, suasana di sana sangat panas dan menggerahkan.

"Tidak ada pengalaman baru saat kita memaksakan diri berjalan-jalan di sepanjang pendestrian ini. Sama saja dari ujung ke ujung, suasanya kosong melompong," kata Riko, pengunjung yang datang dari Pekanbaru kala disapa Tribun, Selasa (1/10/2019).

Baca: Spesifikasi Sony Xperia 5 Generasi Terbaru Gunakan Prosesor Snapdragon 865

Baca: Inilah 10 Artis Petahana Terpilih Lagi Jadi Anggota DPR, Mulai dari Rano Karno Hingga Eko Patrio

Menurut dia, pembangunan turap yang menjadi pendestrian itu memang menakjubkan. Namun tidak diisi dengan beragam kreatifitas yang bisa membuat warga tidak tersadar ternyata sudah sampai di ujung. Atau semacam keindahan lain yang dapat mengusir rasa bosan dan gerah.

"Mau berjalan ke ujung bagian klenteng sana, begitu aja suasanya. Tidak ada atraksi, atau keindahan lain. Jadi kita cepat bosan, apalagi ini sangat gerah," kata dia.

Sebagai pengunjung ia menyarankan agar Pemkab Siak mengelola aset tersebut sehingga diminati. Jika hanya membangun tanpa mengisinya, maka kata dia, konsep wisatanya menjadi kosong atau gagal.

"Tidak ada integrasi antara Istana, bandar sungai Jantan,Klenteng, Pasar Seni dan pasar lama kampung Cina. Hanya saja kebetulan berdekatan. Integrasi itu semestinya memanjalan pelanggan sehingga tidak sadar tanpa rasa capek kita sudah berkeliling. Ini tidak ada sama sekali," tambah dia.

Kondisi itu sebenarnya sudah banyak dikritik pengunjung. Bahkan ada yang mengatakan Siak ibarat kota zombi, pembangunan fisiknya bagus tetapi sepi peminat. Selain TBSJ, pasar Seni Kesturi juga punya pemandangan serupa.

Halaman
123
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved