Breaking News:

Berita Riau

Jarak Pandang Kembali Terbatas, Siak Riau Diselimuti Kabut Asap Tebal

Kabut asap turun semakin pekat pada sore sekitar pukul 16.00 WIB, hingga membatasi jarak pandang sekitar pukul 18.00 WIB.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Nurul Qomariah
TRIBUNPEKANBARU/MAYONAL PUTRA
Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah (TASL) Siak kembali diselimuti kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Rabu (2/10/2019). 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Kota Siak Sri Indrapura, Kabupaten siak, Provinsi Riau kembali diselimuti kabut asap, Rabu (2/10/2019).

Kabut asap turun semakin pekat pada sore sekitar pukul 16.00 WIB, hingga membatasi jarak pandang sekitar pukul 18.00 WIB.

Pantauan Tribunsiak.com, dari kejauhan sungai Siak tampak memutih. Dari jarak 1 km titik pandang, jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah (TASL) tampak sabak karena kabut asap. Kapal-kapal tongkang pengangkut kayu juga terlihat tidak jelas dari kejauhan.

Kondisi ini termasuk yang lebih pekat dibanding seminggu lalu. Padahal, Kepala Manggala Agni KLHK Dalops Siak Ihsan mengatakan titik api nihil di Kabupaten Siak sejak sebulan lalu.

Pihaknya dengan Tim Satgas Karhutla masih terus melakukan patroli ke berbagai wilayah di Siak.

"Ya kabut asap turun lagi. Ini bukan dari wilayah kita. Saya pantau ini dari Sumsel dan Jambi. Hari tadi ada 500 titik api di Sumbar," kata dia.

Berdasarkan citra arah angin, kabut asap akibat karhutla di Sumsel dan Jambi berarak ke arah Utara, sehingga menimpa Kuansing dan sekitarnya hingga Siak.

"Jadi kabut asap saat ini adalah kabut asap kiriman. Namun kita tetap pantau wilayah kita manakala ada kembali api yang muncul," kata dia.

Menurut Ihsan, pihaknya bersama tim Satgas berkeliling di 9 wilayah dalam Kabupaten Siak. Sembilan wilayah itu dianggap paling rawan terjadinya kabut asap.

"Kami patroli di Dayun, Rawang Air Putih, Bunsur, Penyengat, Beruk, Tumang dan lain-lain. Di lokasi kita ini sudah sebulan lamanya tidak ada titik api," kata Ihsan. (Tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved