Berita Riau

Ajak Psikolog Tangani Permasalahan, Siak Riau Targetkan Dapat Kota Layak Anak Kategori Utama 2020

Kepala Dinas P3AP2KB Siak Darussalim mengatakan, target untuk mendapatkan KLA kategori Utama merupakan target yang rasional.

Ajak Psikolog Tangani Permasalahan, Siak Riau Targetkan Dapat Kota Layak Anak Kategori Utama 2020
istimewa
Kepala Dinas P3AP2KB Siak Darussalim 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Pemkab Siak menargetkan mendapatkan Kota Layak Anak (KLA) kategori Utama pada 2020 mendatang. Target tersebut tengah dikejar agar memenuhi semua persyaratannya.

Kepala Dinas P3AP2KB Siak Darussalim mengatakan, target untuk mendapatkan KLA kategori Utama merupakan target yang rasional. Pasalnya, Siak sudah 4 kali berturut-turut mendapatkan KLA kategori Pratama, Madya, Muda dan Nindya.

"Jadi harus ada peningkatan setiap tahun. Kalau tidak capaian kinerja kita juga tak terlihat. Namun yang penting upaya untuk itu harus ada," kata Darussalim, Kamis (3/10/2019).

Saat ini, pihaknya kerap turun untuk melakukan penyuluhan terkait pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan perlindungan anak.

Dalam satu tahun kegiatan, masing-masing kecamatan di Siak harus mendapatkan program penyuluhan tersebut.

"Pada penyuluhan yang kita lakukan itu tidak sekadar seremonial atau pemenuhan target kerja. Namun kita juga akan lihat output-nya," kata dia.

Pihaknya juga menyertakan psikolog sekaligus untuk menangani permasalahan di lapangan.

Untuk mencapai target itu, ia juga berupaya meningktkan kerja sama dengan dinas terkait, LSM, media massa dan lainnya. Diantara syarat utama untuk meraih KLA Utama adalah zero putus sekolah. Ia menyebut di Siak tidak ada kasus anak putus sekolah.

Selain itu, kesehatan dan lingkunan yang sehat dan bersih juga menjadi syarat. Pihaknya juga aktif mengkampanyekan gerakan melawan stunting atau perlambatan pertumbuhan pada anak.

"Jika kita mendapatkan laporan kasus anak kurang gizi, anak putus sekolah dan lain sebagainya, maka kita langsung turun untuk cepat mencegah. Bersasarkan laporan kita zero anak putus sekolah," kata dia.

Halaman
123
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved