Berita Riau

NEWS VIDEO: Studi Banding ke Talang Jerinjing, Warga Asing Disambut Tari Kain Suku Talang Mamak Riau

Sebagai bentuk penghormatan kepada tamunya, masyarakat adat Talang Mamak mempertunjukan tari kain yang dilakukan oleh dua orang penari.

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Warga masyarakat adat Talang Mamak di Desa Talang Jerinjing menyajikan tari kain untuk menyambut peserta lokakarya dan studi banding adat yang digelar oleh Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN).

Sebagian besar peserta lokakarya dan studi banding itu merupakan perwakilan dari 20 negara.

Sebagai bentuk penghormatan kepada tamunya, masyarakat adat Talang Mamak mempertunjukan tari kain yang dilakukan oleh dua orang penari.

"Tari kain merupakan syarat dalam adat upacara perkawinan masyarakat Talang Mamak, namun tari kain juga bisa dipertunjukan untuk penyambutan tamu-tamu kehormatan," kata Penser, salah seorang warga Talang Mamak yang juga pelatih tari kain, Selasa (1/10/2019).

Baca: Mantan PR IV Universitas Islam Riau (UIR) Diperiksa Kejati Sebagai Tersangka

Baca: Belasan Kepala SD dan ASN Dinas Pendidikan Liburan ke China Saat Libur Kabut Asap Lalu

Baca: Disebar Lewat Pengobatan Alternatif, Kejari Pekanbaru Temukan Tiga Aliran Agama Diduga Menyimpang

Selain mempertunjukan tari kain, masyarakat Talang Mamak juga mempertunjukan silat tradisional Talang Mamak, serta kesenian tradisional yang diberi nama luka gila.

Luka gila merupakan kesenian yang mengandung sisi mistis, dimana pemain melakukan aksi seperti orang yang kesurupan.

Lokakarya dan studi banding adat di Desa Talang Jerinjing ini rencananya digelar selama tiga hari mulai Selasa (1/10/2019) sampai dengan Kamis (3/10/2019).

Pada studi banding itu, masing-masing peserta saling berbagi informasi tentang pola-pola masyarakat adat mempertahankan adatnya masing-masing. (Tribuninhu.com/Bynton Simanungkalit)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved