Berita Riau

PKS Mulai Buka Pendaftaran Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah di Sembilan Kabupaten dan Kota Riau

Beberapa partai politik mulai memhuka pendaftaran untuk penjaringan bakal calon Kepala Daerah dan Calon Wakil Kepala Daerah.

PKS Mulai Buka Pendaftaran Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah di Sembilan Kabupaten dan Kota Riau
Tribun Pekanbaru
Ilustrasi 

PKS Mulai Buka Pendaftaran Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah di Sembilan Kabupaten dan Kota Riau

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Beberapa partai politik mulai memhuka pendaftaran untuk penjaringan bakal calon Kepala Daerah dan Calon Wakil Kepala Daerah.

Diantaranya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang sudah mulai buka pendaftaran penjaringan di sembilan Kabupaten dan Kota yang menyelenggarakan Pilkada serentak.

"Kita sedang membuka pendaftaran calon dari eksternal. Ada yang sudah buka Pelalawan, Bengkalis, Dumai dan Inhu yang lain juga akan menyusul, dibuka hingga pertengahan bulan (Oktober) ini," ujar Politisi PKS yang juga Bendahara DPW PKS Riau Markarius Anwar kepada Tribunpekanbaru.com Kamis.

Baca: BREAKING NEWS: Polwan Cantik Bawa Karton Sambut Mahasiswa di Kantor Gubernur Riau, Kalimatnya Sejuk

Menurut Markarius sebelumnya sudah dibuka pendaftaran untuk calon internal PKS dimana dari beberapa nama sudah mulai mengerucut, misalnya dari 10 nama kandidat mengerucut jadi lima dan tiga nama.

"Sebagian sudah ada yang mengerucut dari lima nanti jadi tiga, ada pendaftaran atau seleksi internal dan eksternal yang dibuka," ujar Markarius.

Untuk eksternal sendiri, lanjut Markarius sudah cukup banyak juga Politikus yang datang mendaftarkan diri, diantaranya di Pelalawan sudah ada nama Adi Sukemi, Husni Thamrin dan beberapa nama lainnya.

"Ada yang sudah datang mendaftar. Ramailah yang sudah datang. Dumai juga sudah datang dari eksternal,"ujar Markarius.

Dari pemetaan yang dilakukan menurut Markarius, kemungkinan PKS yang akan mengusung kader sendiri untuk calon Bupati ada dua daerah, termasuk Bengkalis dan Dumai.

"Di Bengkalis kita usung untuk calon Bupatinya, ada dua ditargetkan calon bupati dari kita, sedangkan empat daerah target minimal kader yang maju. Kalau target itu 100 persen ikut memenangkan di Pilkada,"ujar Markarius.

Menurut Markarius dari nama-nama politikus yang datang mendaftar ke partai mereka ini bisa dilihat gambaran untuk berkoalisi nantinya pada Pilkada.

"Namun yang perlu diketahui, putusan tetap di DPP, kami DPD dan DPW hanya proses saja, yang jelas bagi yang mau ikut silahkan daftar di Kabupaten dan Kota," ujarnya.

Baca: Gawat, Tiga Aliran Terindikasi Sesat Ditemukan di Pekanbaru oleh Intelijen Kejaksaan

Proses berikutnya lanjut Markarius akan dipanggil satu persatu calon yang daftar untuk komunikasi lebih lanjut sebelum diajukan ke DPP.

Selain PKS yang sudah buka penjaringan sebelumnya adalah PDI Perjuangan, Nasdem, beberapa partai lainnya juga akan segera menyusul buka penjaringan. (Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved