Berita Riau

Terverifikasi, Kelompok Ternak Merbau Makmur Siak Riau Bisa Olah Pakan Ternak Sendiri

Disnakkeswan Riau menunjuk kelompok ternak Merbau Makmur, Kampung Teluk Makmur Kabupaten Siak sebagai lokus pelaksanaan bimtek pakan ternak.

Terverifikasi, Kelompok Ternak Merbau Makmur Siak Riau Bisa Olah Pakan Ternak Sendiri
istimewa
Peserta Bimtek pengolahan pakan ternak berfoto bersama Kadis Peternakan dan Perikanan Siak Susilawati dan jajaran, Rabu (2/10/2019) di Kampung Teluk Merbau, Kecamatan Dayun, Siak. 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Kelompok ternak Merbau Makmur terverifikasi sebagai kelompok yang bisa mengolah pakan ternaknya sendiri.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Riau menunjuk kelompok ternak Merbau Makmur, Kampung Teluk Makmur, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak itu sebagai lokus pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) pakan ternak.

"Kita amat bersyukur mendapat alokasi APBN pada kegiatan Disnakkeswan Provinsi melalui tugas pembantuan kepada kelompok ternak Merbau Makmur. Bantuan itu hanya untuk 2 kabupaten, yakni Siak dan Indragiri Hulu," kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Siak Susilawati, Rabu (2/10/2019).

Bimtek pengolahan pakan ternak itu berlangsung pada Selasa (1/10/2019) hingga Rabu (2/10/2019). Jumlah pesertanya sebanyak15 orang yang berasal dari Kabupaten Bengkalis 3 orang dan Kabupaten Siak 12 orang.

Sesuai dengan DPA kegiatan APBN yang dilaksanakan Disnakkeswan Riau, kelompok tersebut sudah terverifikasi sebagai kelompok yang akan mengolah pakan ternak dari limbah pertanian dan perkebunan yang ada di tempatan sesuai kearifan lokal.

Seusai Bimtek tersebut, kelompok ternak tersebut akan mendapat bantuan perlengkapan untuk pengolahan pakan ternak tersebut. Perlengkapan itu berupa kendaraan roda tiga, bahan pakan, alat-alat pakan berupa mesin chopper, mixer dan drum fermentasi serta rehabilitasi gudang.

"Tahun ini akan direalisasikan. Saat ini Disnakkeswan provinsi sedang dalam proses pengajuan ke ULP melalui E katalog," kata dia.

Menurut Susi, sudah saatnya pula kelompok-kelompok ternak membantu pemerintah untuk menularkan virus-virus kebaikan, mengajak para peternak lain untuk bisa mengolah pakan dan sukses.

"Ya, seperti yang mereka lakukan di kelompok mereka agar proses replikasi kelompok pengolah pakan ini makin menjamur di kabupaten Siak," kata dia.

Potensi lahan sawit yang besar di Kabupaten Siak dapat dijadikan sumber pakan ternak yang harus dikembangkan lebih lanjut. Antara lain Bungkil Inti Sawit (BIS), solid dan pelepah sawit dapat diolah untuk pakan ternak.

"Peternak juga harus pandai-pandai memanfaatkan lahan tidur yang belum dikelola dengan baik," kata dia.

Ia menambahkan, pembicara pada kegiatan Bimtek tersebut selain dia sendiri, juga para peternak Merbau Makmur yang sudah mahir memproduksi pakan ternak. Hal itulah yang dimaksud saatnya peternak yang membantu tugas pemerintah.

"Siak ini punya potensi besar untuk peternakan. Kita juga sudah luncurkan program terintegrasi antara sapi dan kebun sawit. Kemudian kita harapkan nanti peternak semangat dan bisa semakin maju," kata dia. (Tribunsiak.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved