Berita Riau

Bupati Mursini Sebut Keterbatasan Dana Pengaruhi Anggaran Pilkada Kuansing Riau 2020

Anggaran KPU turun drastis dari yang diajukan sebelumnya. Bila dinominalkan, penurunan sebesar Rp 15 miliar lebih.

Bupati Mursini Sebut Keterbatasan Dana Pengaruhi Anggaran Pilkada Kuansing Riau 2020
TribunPekanbaru/Palti Siahaan
Bupati Kuansing Drs H Mursini MSi (pakai kacamata) bersama Ketua KPU Kuansing Irwan menunjukkan NPHD yang sudah ditandatangani, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, TELUK KUANTAN-Bupati Kuansing H Mursini mengatakan keterbatasan anggaran menjadi penyebab pihaknya menyetujui anggaran KPU sebesar Rp 29,4 miliar di APBD 2020 untuk Pilkada 2020.

"Ini sesuai dengan kemampuan daerah. Anggaran kota terbatas," kata Mursini.

Jumlah anggaran ke KPU untuk tahun depan disepakati sebesar Rp 29,4 miliar. Anggaran yang disepakati ini turun drastis yang diajukan sebelumnya. Bila dinominalkan, penurunan sebesar Rp 15 miliar lebih.

Awalnya, KPU Kuansing mengajukan Rp 44,9 miliar. Dari jumlah tersebut turun menjadi Rp 37 miliar.

Setelah itu, turun lagi menjadi Rp 32 miliar. Pembahasan kembali dilakukan, anggaran kembali turun menjadi Rp 30 miliar. Turun lagi dan akhirnya disepakati Rp 29,4 miliar.

Mursini mengatakan terpaksa menekan anggaran KPU Kuansing karena keterbatasan dana.

Apalagi Kuansing juga memiliki agenda penting lainnya seperti Porprov 2021, di mana Kuansing sebagai tuan rumah. Perhelatan Porprov juga membutuhkan biaya seperti pembangunan dan renovasi venue.

"Karena ada juga perhelatan Proprov. Ini harus kita cicil. Karena juga keterbatasan anggaran kita, makanya harus kita pres," ujarnya.

Dikatakannya, anggaran untuk KPU Kuansing 2020 yang akan digunakan untuk perhelatan Pilkada 2020 merupakan sebuah kewajiban Pemkab Kuansing. Pihaknya pun berharap anggaran tersebut bisa melaksanakan Pilkada.

Mursini mengatakan pihaknya akan memberi penjelasan kepada dewan soal anggaran tersebut. Bagaiman proses pembahasan dengan KPU Kuansing selama ini.

Pihaknya juga berharap anggaran tersebut nantinya bisa disepakati bersama. Sehingga KPU Kuansing juga bisa menjalankan tahapan-tahapan Pilkada sebagaimana mestinya. (Tribunpekanbaru.com/dian maja palti siahaan)

Penulis: Dian Maja Palti Siahaan
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved