Berita Riau

Bangun Pasar Desa Pambang Pesisir Bengkalis Riau Pakai DAK Kementerian Perdagangan Rp 1,3 Miliar

Disdagperin Bengkalis tahun ini membangun pasar di Desa Pambang Pesisir Kecamatan Bantan. Anggaran bersumber dari DAK Kementerian Perdagangan.

Bangun Pasar Desa Pambang Pesisir Bengkalis Riau Pakai DAK Kementerian Perdagangan Rp 1,3 Miliar
istimewa
Proyek pasar di Pambang Pesisir Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis dalam pengerjaan, Selasa (8/10/2019). Ditargetkan pembangunan rampung pada November 2019 

 TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Bengkalis tahun ini membangun pasar di Desa Pambang Pesisir Kecamatan Bantan. Anggaran bersumber dari DAK Kementerian Perdagangan, dengan nilai kegiatan Rp1,3 miliar.

Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Disdagperin Bengkalis Irwandi Ibrahim mengatakan, pembangunan pasar sudah dimulai sejak 30 Juni 2019 lalu. Targetnya bisa rampung pada akhir November mendatang.

"Dari pantauan kita, sudah hampir tujuh puluh persen pengerjaan selesai. Tinggal pengerjaan pabrikan saja lagi, seperti plafon, meja pedagang, pintu kios dan kereta sampahnya," terang Irwandi.

Menurut dia, pasar yang dibangun terdiri dari lapak basah dan lapak kering. Untuk lapak basah akan diisi dengan pedagang ikan, sementara lapak kering akan diisi pedagang sayur.

"Nantinya kalau sudah siap untuk lapak basah bisa diisi sekitar sepuluh pedagang. Kemudian Lapak kering bisa diisi sekitar 12 meja untuk pedagang," tambahnya.

Selain bangunan dua lapak tersebut, pasar yang dibangunkan juga didirikan dua kios toko. Serta fasilitas umum pendukung lainnya yakni musola dan kamar mandi.

"Memang tahun ini kita hanya dapat satu bantuan DAK pusat dengan nilai sekitar Rp 1,3 miliar rupiah. Meskipun satu tapi ini merupakan bantuan lengkap pasar, mulai dari kios pedagang hingga fasilitasnya," tambahnya.

Pihaknya berharap jika bangunan ini rampung bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah desa untuk mendatangkan pedagang di pasar ini. (Tribunpekanbaru.com/muhammad natsir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved