DPRD Riau Paripurna Pembentukan AKD, Komisi Tetap Lima Seperti Periode Lalu

Kamis (10/10) DPRD Riau akan menggelar paripurna pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), dan pembentukan Komisi.

DPRD Riau Paripurna Pembentukan AKD, Komisi Tetap Lima Seperti Periode Lalu
TribunPekanbaru/DoddyVladimir
Gedung DPRD Riau di Jalan Sudirman Pekanbaru 

tribunpekanbaru.com - Anggota DPRD Riau dijadwalkan menggelar rapat paripurna pengumuman pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) pada Kamis (10/10) ini. Kelengkapan yang akan dibentuk di antaranya Komisi, Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus), dan Badan Kehormatan (BK).

"Kamis ini kita rapat, sudah diagendakan untuk rapat pembentukan komisi-komisi, Banggar, Banmus dan BK," kata Wakil Ketua DPRD Riau, Asri Auzar, Rabu (9/10).

Sejauh ini, pimpinan DPRD Riau sudah meminta kepada masing-masing fraksi yang ada di DPRD Riau untuk mengirimkan nama-nama yang diusulkan untuk duduk di masing-masing kelengkapan dewan tersebut.

"Kami sudah meminta kepada fraksi masing-masing partai untuk mengirimkan nama-namanya untuk masuk di Komisi mana. Setelah itu nanti baru kita umumkan di rapat paripurna," ujarnya.

Setelah diumumkan dan dibacakan oleh pimpinan DPRD Riau dalam sidang paripurna, maka AKD ini akan ditandatangani oleh seluruh Ketua Fraksi.

"Jumlah Komisi masih tetap sama dengan sebelumnya, lima Komisi, sesuai dengan bidangnya masing-masing," sebut Asri.

Dia mengungkapkan, masing-masing Komisi rata-rata diisi oleh sebanyak 12 hingga 14 orang paling banyak. Sedangkan untuk AKD yang lain seperti Banmus dan Banggar, nanti akan diisi sebanyak 28 orang.

"Sedangkan untuk di Badan Kehormatan (BK), itu jumlahnya lima orang," katanya.

Seperti diketahui, usai dilantiknya empat pimpinan DPRD Riau pada Senin (7/10) lalu, sejumlah pekerjaan rumah sudah menanti. Di antaranya adalah pembentukan Alat Kelengkapan Dewan serta pembahasan APBD Riau tahun 2020.

"APBD Murni 2020 sudah harus kita kejar, karena pada 31 November 2019 itu harus sudah disahkan. Jadi yang paling penting sekarang ini adalah pembentukan AKD," kata Ketua DPRD Riau, Indra Gunawan Eet.

Setelah AKD terbentuk, maka pimpinan DPRD Riau bersama seluruh anggota Banggar akan menggesa pembahasan APBD Riau 2020.

"Ini akan kita gesa secepatnya, supaya RAPBD ini bisa segera disahkan menjadi APBD," ujarnya. (smg)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved