Sasar Penghargaan Wajah Bahasa, BBR Gelar Penyuluhan Bahasa Indonesia di Bengkalis

Kepala Balai Bahasa Riau, Drs Songgo A Siruah MPd berharap tahun depan sekolah di Riau mampu meraih penghargaan Wajah Bahasa Sekolah.

Sasar Penghargaan Wajah Bahasa, BBR Gelar Penyuluhan Bahasa Indonesia di Bengkalis
foto/istimewa
Kepala Balai Bahasa Riau, Drs Songgo A Siruah MPd foto bersama usai pembukaan penyuluhan Bahasa Indonesia di Bengkalis. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BENGKALIS - Kepala Balai Bahasa Riau, Drs Songgo A Siruah MPd berharap tahun depan sekolah di Riau mampu meraih penghargaan Wajah Bahasa Sekolah.

Penghargaan ini ditujukan untuk SMP sederajat di seluruh Indonesia. Wajah Bahasa sekolah merupakan gambaran atas sikap positif terhadap penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara di lingkungan sekolah.

"Semoga tahun-tahun ke depan ada sekolah dari Riau, terutama dari Bengkalis yang mendapat penghargaan Wajah Bahasa," ujar Songgo dalam sambutannya membuka penyuluhan Bahasa Indonesia di Bengkalis.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 50 peserta dengan tema Bahasa Indonesia untuk Media Luar Ruang di Bengkalis, 6-7 Oktober 2019.

Songgo A Siruah mengatakan, lembaga yang dipimpinnya akan terus membantu, menambah dan menaikkan kompetensi masyarakat Riau dalam berbahasa Indonesia.

Dia menyebutkan, dengan memahami Bahasa Indonesia secara benar, juga ikut menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Karena bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu ribuan suku bangsa di Tanah Air.

"Harapan kami, para kepala sekolah langsung menjadi orang terdepan dalam penggunaan bahasa Indonesia yang benar di sekolah masing-masing," kata Songgo.

Ketua panitia pelaksana acara, Khairul Azmi SPd, mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta dan seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan ini, terutama Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis.

Narasumber dalam penyuluhan itu Drs Songgo A Siruah MPd dan Dra Imelda Yanche MPd.

Mereka memberikan materi tentang arah dan kebijakan bahasa, pemahaman tentang ejaan, pilihan kata dan penulisan kalimat, dan beberapa materi lainnya.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, Agusilfridimalis SH saat membuka kegiatan ini, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Balai Bahasa Riau atas penyuluhan Bahasa Indonesia di Bengkalis.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk para pelaku pendidikan di Bengkalis karena tanpa kita sadari, sering menggunakan bahasa daerah dalam komunikasi di tempat resmi," kata Agus.

Dia juga berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan agar permahaman berbahasa Indonesia tenaga kependidikan dapat terus ditingkatkan. (*)

Editor: ihsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved