Berita Riau

Cadangan Garam 10.900 Kg, Operasi TMC Masih Dilakukan di Riau

Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) guna membantu mempercepat turunnya hujan, masih dilaksanakan di Provinsi Riau.

Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Petugas sedang memasukkan garam kedalam konsul garam untuk melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Pangakalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Selasa (24/9/2019). (Tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir). 

Cadangan Garam 10.900 Kg, Operasi TMC Masih Dilakukan di Riau

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) guna membantu mempercepat turunnya hujan, masih dilaksanakan di Provinsi Riau.

Operasi yang bertujuan memancing hujan dengan cara menyemai garam di awan potensial ini, rencananya akan dilakukan hingga pertengahan Oktober 2019 ini.

Atau dalam artian, sampai memasuki musim hujan, sesuai perkiraan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger menjelaskan, saat ini cadangan garam untuk operasi TMC ini berjumlah 10.900 kilogram.

Baca: Ini Data Korban Meninggal Dunia Lakalantas Bus PMTOH di Kuansing Riau

Baca: FOTO: Suasana Evakuasi, Atap Bus PMTOH Lepas Setelah Terbalik dalam Kecelakaan di Kuansing Riau

Selain garam, ada juga cadangan kapur. Yang berguna memecah partikel kabut asap yang menyebabkan luruhnya awan berpotensi hujan. Jumlahnya saat ini, berkisar 16.700 kilogram.

Dibeberkan Edwar, operasi TMC dilakukan dengan dua jenis pesawat. Diantaranya Cassa 212, serta pesawat Hercules C-130. Keduanya merupakan pesawat milik TNI Angkatan Udara.

"Pesawat Cassa 212, untuk satu sortie bisa membawa 800 kilogram garam. Disemai di daerah Siak, Pelalawan, dan Inhil. Teemasuk 800 kilogram kapur juga sudah disemai," sebut Edwar, Kamis (10/10/2019).

Untuk pesawat Cassa 2121 ini dipaparkan Edwar sudah melaksanakan penyemaian sebanyak 137 sortie. Dengan total garam yang disemai 116 ribu kilogram dan 800 kilogram kapur.

Kemudian Edwar menuturkan, penyemaikan dengan pesawat Hercules C-130, saat ini standby menunggu arahan untuk operasi TMC.

Halaman
12
Penulis: Rizky Armanda
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved