Berita Riau

Gelar Equator Festival di Lokomotif Jepang,Genpi Kampar Prihatin Peninggalan Sejarah Terbengkalai

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, helat tersebut pada tahun ini digelar di situs bersejarah lokomotif tua peninggalan Jepang yang ada di Lipat Kain

Gelar Equator Festival di Lokomotif Jepang,Genpi Kampar Prihatin Peninggalan Sejarah Terbengkalai
istimewa
Genpi Kampar akan kembali menggelar Equator Festival Riau 2019 di lokasi lokomotif peninggalan Jepang pada 26-27 Oktober 2019. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Kampar akhir bulan ini akan kembali menggelar Equator Festival Riau 2019. Diagendakan event ini diadakan 26-27 Oktober 2019.

Acara yang akan diadakan tahun ini merupakan yang keempat kalinya dilaksanakan.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, helat tersebut pada tahun ini digelar di situs bersejarah lokomotif tua peninggalan Jepang yang ada di Desa Lipat Kain. Situs ini jadi bukti bahwa di Provinsi Riau pernah jalur kereta api aktif.

Ketua Genpi Kampar, Dodi Rasyid Amin, Kamis (10/10/2019) mengatakan, pada helat tahun ini sengaja dipilih lokasinya di situs lokomotif Jepang. Ini bertujuan untuk melestarikan situs tersebut yang selama ini kurang terperhatikan.

Peninggalan itu saat ini kondisinya memprihatinkan karena banyaknya bagian-bagian yang dirusak orang tidak bertanggung jawab.

"Kita berharap dengan diadakannya event pariwisata ini akan mampu membuat banyak orang memperhatikan situs sejarah ini dan juga diharapkan nantinya situs ini akan lebih terjaga," ungkapnya.

Pada gelaran Equator Festival Riau akan diadakan sejumlah pertunjukan seni lokal seperti parade kacau kalamai, permainan rakyat dan bazar kuliner.

Tidak hanya itu, even ini juga dirangkai dengan pagelaran seni budaya, carnaval dan touring serta workshop dan lomba kuliner asam pedas. (Tribunpekanbaru.com/ikhwanul rubby)

Penulis: Ikhwanul Rubby
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved