Siapkan Dana Rp1,1 Miliar, Pemkab Inhil Segera Bangun TPS Pasar Terapung

Disperindag Inhil akan memulai pembangunan Tempat Penampungan Sementara bagi pedagang Pasar Terapung yang ambruk dan terbakar beberapa waktu lalu.

Siapkan Dana Rp1,1 Miliar, Pemkab Inhil Segera Bangun TPS Pasar Terapung
tribun pekanbaru
Pasar Terapung Tembilahan saat dilalap api pada Kamis (22/8) lalu. 

tribunpekanbaru.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), akan segera mengerjakan pembangunan Tempat Penampungan Sementara (TPS) di Pasar Terapung Tembilahan.

Disperindag Inhil telah menyiapkan dana sebesar Rp1.185 miliar untuk membangun TPS bagi pedagang di pasar yang juga memiliki nama Pasar Selodang Kelapa tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Pasar Disperindag, Ahmad Fitri menjelaskan, pembangunan TPS akan dilaksanakan pada 30 September, hingga diperkirakan selesai pada akhir Desember 2019.

“Sifatnya sementara. Nantinya akan ditempati oleh pedagang ikan basah dan daging ayam,” ujar Ahmad Fitri kepada media, Jumat (11/10).

Mengenai sumber dana pembangunan TPS, menurut Ahmad Fitri, menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Indragiri Hilir tahun 2019, melalui program pengembangan dan penataan sarana dan prasarana perdagangan.

“Jika pasar yang terapung itu lokasi tetapnya belum diketahui, karena kami masih menunggu arahan dari Pemerintah Daerah yang juga menggunakan dana Coorporate Social Responsibility (CSR) dari Provinsi Riau,” ungkapnya.

Terakhir, Ahmad Fitri menambahkan, banyak aspek yang harus diperhatikan dalam pembangunan kembali Pasar Terapung yang saat ini kondisinya memprihatinkan pascaambruk dan musibah kebakaran.

“Menurut UU kan letak pasar itu harus 30 meter dari tepi sungai kalau yang tidak bertanggul. Jika bertanggul, 50 meter dari bibir sungai,” tuturnya. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved