Berita Riau

Hampir 10 Ribu Hektare Lahan di Riau Terbakar, Ini Lokasi Lahan yang Masih Belum Padam Apinya

Sejumlah wilayah di Riau hingga saat ini masih terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Minggu

Hampir 10 Ribu Hektare Lahan di Riau Terbakar, Ini Lokasi Lahan yang Masih Belum Padam Apinya
Istimewa
Satgas gabungan karhutla darat Dumai, sedang padaman titik api di Bukit Timah, Kecamatan Dumai Selatan beberapa waktu lalu. 

Hampir 10 Ribu Hektare Lahan di Riau Terbakar, Ini Lokasi Lahan yang Masih Belum Padam Apinya

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sejumlah wilayah di Riau hingga saat ini masih terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Minggu (11/10/2019).

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau hasil laporan dari Satgas Darat Karhutla Riau saat ini wilayah yang masih terjadi Karhutla diantaranya ada di Desa Rawa Bangun, Kecamatan Rengat, Inhu.

"Di lokasi ini Kebakaran lahan sudah masuk harike 16. Petugas gabungan berjumlah 140 personil sedang melakukan upaya pemadaman," kata Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger, Minggu (11/10/2019).

Kebakaran lahan juga terjadi di Kampar, tepatnya di Jalan Harapan Jaya, Kualu Nenas, Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang. Kebakaran lahan di lokasi ini bahkan sudah berlangsung selama 6 hari. Hingga saat ini api dan asap masih ada dan sedang dalam proses pemadaman oleh petugas gabungan.

"Hari ini petugas melakukan pendekatan agar ap tidak meluas ke lahan lain," ujarnya.

Gara-gara Diputus Pacar, Pria di Semarang Nekat Panjat Tower dan Tidak Mau Turun

Pelecehan Seksual Dominasi Kasus Anak di Pekanbaru Hingga September 2019

Satpol PP Masih Telusuri Mobnas yang Dikuasai Oknum Mantan Ketua DPRD Kota Pekanbaru

Selain di Rimbo Panjang, kebakaran lahan di Kampar juga terjadi di Jalan Cempaka Putih, Desa Rindan Permai, Kecamatan Bangkinang Kota. Lahan yang terbakar di titik ini mencapai lebih kurang 3 hektare.

"Kemudian di Desa Mugomulyo Kecamatan Sungai Batang, Kabupaten Inhil, lahan seluas lebih kurang 1 hektare juga ditemukan masih terbakar dan hingga saat ini belum padam," katanya.

Meski sejumlah wilayah di Riau sudah diguyur hujan selama beberapa hari belakangan ini, namun luas lahan yang terbakar di Riau terus bertambah.

Berdasarkan catatan dari BPBD Riau yang diperoleh dari laporan Satgas Darat Karhutla Riau, luas lahan yang terbakar terhitung mulai Januari hingga saat ini sudah mencapai hampir 10 ribu hehkater. Yakni 9.525 hektare.

Rincianya, Rohul 89 hektare, Rohil 1.941 hektare, Dumai 351 hektare, Bengkalis 1.911 hektare, Meranti 368 hektare, Siak 881 hektare, Pekanbaru 331 hektare, Kampar 385 hektare, Pelalawan 561 Hektare, Inhu 1.593 hektare, Inhil 1.085 hektare dan kuansing 24 hektare. (Syaiful Misgiono)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved