Berita Riau

Kian Memanas, Tiga Fraksi di DPRD Riau Akan Buat Rapat Paripurna Tandingan

Kisruh pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPRD Riau kian meruncing.

Kian Memanas, Tiga Fraksi di DPRD Riau Akan Buat Rapat Paripurna Tandingan
Tribun Pekanbaru/Syaiful Misgiono
FOTO ILUSTRASI - DPRD Riau. 

Kian Memanas, Tiga Fraksi di DPRD Riau Akan Buat Rapat Paripurna Tandingan

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kisruh pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPRD Riau kian meruncing.

Tiga fraksi, yakni fraksi Gerindra, PKS dan PAN yang sebelumnya menolak rapat paripurna pembentukan AKD dikabarkan akan membuat rapat paripurna tandingan.

Rapat paripurna tandingan ini digadang-gadangkan sebagai bentuk protes tiga fraksi ini yang tidak setuju dengan keputusan rapat paripurna pembentukan AKD, Kamis (10/10/2019) malam kemarin.

"Kenapa muncul ada paripurna tandingan, karena kami dari tiga fraksi, Gerindra, PAN dan PKS komit untuk mengadakan rapat bersama, apakah nanti akan kita gelar di ruang paripurna atau di ruang rapat medium itu nanti kita tentukan, tapi yang jelas kita ingin ada komunikasi secepatnya untuk menyelesaikan persoalan ini dan menunjukkan kebenaran," kata Anggota Fraksi Gerindra Marwan Yohanis akhir pekan kemarin.

Penonton Rela Desak-desakan Demi Saksikan Nissa Sabyan Gambus Saat Penutupan Pelalawan Expo 2019

"Ketua fraksi diundang ke ruang rapat pimpinan A, tetapi mereka mengadakan rapat di ruang pimpinan B, setelah diputuskan di ruang rapat pimpinan B itu baru disampaikan hasilnya ke pimpinan kami, bahwa inilah hasilnya, kalian dapat ini-ini (pembagian jatah di komisi). Kami bukan masalah dapat jabatan di komisi A atau B, tapi yang kami tuntut itu prosesnya, kalau prosesnya tidak benar jangan harap hasilnya benar," sambung Marwan menjelaskan kronologis penetapan jatah AKD di DPRD Riau sesaat sebelum rapat paripurna di gelar.

Tidak hanya itu, Marwan juga mengungkapkan kejanggalanya soal penetapan waktu pelaksanaan rapat paripurna pembentukan AKD.

"Saat rapat dengan pimpinan fraksi itu sudah disepakati bahwa rapat paripurna dilaksanakan hari Senin, tapi pimpinan kami minta hari Kamis, tapi akhirnya kami yang mengalah dan disetujui hari Senin. Tiba-tiba kami dapat undangan Kamis malam paripurna, ini ada apa," katanya.

Pihaknya menyesalkan persoalan ini terjadi, sebab tiga fraksi ini terkesan sengaja tidak dilibatkan dalam pembentukan AKD.

Sehingga tiga fraksi ini menilai ada pihak-pihak yang sengaja mencari cara agar tiga fraksi ini tidak terlibat dalam pembentukan AKD di DPRD Riau.

Halaman
123
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved