Menengok Pemanfaatan SPLU PLN Bagi Pedagang di Pekanbaru: Hemat, Efektif & Efisien

Terdapat 88 SPLU yang tersebar di Provinsi Riau. Untuk di Pekanbaru, tersedia 31 SPLU yang dibangun sejak tahun 2017

Menengok Pemanfaatan SPLU PLN Bagi Pedagang di Pekanbaru: Hemat, Efektif & Efisien
tribunpekanbaru.com/firmaulisihaloho
SPLU di depan RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru dimanfaatkan Pedagang Kaki Lima sebagai sumber daya listrik. SPLU ini telah hadir sejak dua tahun lalu dan membantu pedagang. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Minggu (13/10/2019) sore, gerimis mengguyur Kota Bertuah Pekanbaru. Rintik-rintik air yang jatuh mengiringi aktivitas pedagang kaki lima di Jalan Sultan Syarif Kasim. Mereka menata jualan sambil melayani para pembeli yang berdatangan.

Saat langit mulai gelap, satu di antara mereka bergegas menuju salah satu kotak berbentuk persegi panjang yang menjulang ke atas. Kotak berwarna putih itu berada di depan pagar Masjid An-Nur Pekanbaru.

Pada setiap sisi kotak terdapat dua stopkontak. Sementara di bagian tengah kotak, terpasang semacam papan tombol angka. Ada juga jendela kecil berukuran sekitar 10 cm yang menunjukkan deretan angka. Pada bagian sisi kotak terdapat tulisan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU).

“Hampir dua tahunan ini kami sudah menggunakan daya listrik dari sini (SPLU:red) bang,”kata Arif, penjual Pinky Kebab yang sudah berjualan di lokasi itu hampir 5 tahun.

Dari SPLU ini, menjalar kabel yang bermuara di toko para pedagang kaki lima. Diketahui, SPLU ini menjadi sumber daya listrik para pedagang.

“Kita terbantu lah dengan adanya SPLU ini. Biaya listrik lebih hemat, hanya Rp 50 ribu selama seminggu pemakaian untuk delapan gerai. Jika dibandingkan dengan genset, seminggu itu butuh Rp 200 ribu,”papar Arif.

Saat ditanyakan bahwa SPLU ini umumnya ditujukan untuk pengisian daya Motor Listrik, Arif mengaku tidak mengetahuinya. Meski begitu, Dia berharap agar PLN tetap mengaliri listrik ke SPLU tersebut.

“Karena kehadiran SPLU ini memang sangat membantu bagi kita pedagang di sini,”singkat Dia.

Hal senada juga disampaikan penjual jus buah di lokasi itu, Tiara. Menurut Dia SPLU bisa menekan biaya pengeluaran selama dua tahun memanfaatkan SPLU ini.

Saat ditanyakan mengenai kendala, Tiara menyebut ada satu ampere yang rusak dan sudah melaporkannya kepada pihak PLN.

Halaman
123
Penulis: Firmauli Sihaloho
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved