Empat Hektare Lahan Hangus, Polisi Amankan Satu Terduga Pelaku Pembakar Lahan

Lahan yang terbakar sudah dipasangi garis polisi, dan satu orang yang diduga pelaku pembakar lahan sudah diamankan.

Empat Hektare Lahan Hangus, Polisi Amankan Satu Terduga Pelaku Pembakar Lahan
tribun pekanbaru
Personel Polres Inhil memasang garis polisi di lahan yang terbakar di Sungai Bahagia RT003 RW003, Kelurahan Seberang Tembilahan Barat, Kecamatan Tembilahan. 

tribunpekanbaru.com - Polres Inhil mengamankan seorang terduga pelaku kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Pria berinisial AA (24) itu diduga membuka lahan dengan cara membakar sehingga menyebabkan kebakaran lahan.

Petugas juga mengamankan barang bukti berupa sebatang kayu bekas terbakar, dengan panjang lebih kurang 1 meter pada Minggu (13/10) lalu.

Kapolres Inhil AKBP Indra Duaman Siahaan melalui Kasat Reskrim AKP Indra Lamhot Sihombing menyebutkan, selain melakukan pemadaman di lahan tersebut, Kanit Reskrim Polsek Tembilahan juga melakukan penyelidikan siapa yang melakukan pembakaran di lahan tersebut.

“Dari hasil penyelidikan, diketahui AA alias AS telah melakukan pembakaran di lahan tersebut sesuai titik hotspot di Sungai Bahagia RT003 RW003 Kelurahan Seberang Tembilahan Barat, Kecamatan Tembilahan. Selanjutnya dibuatkan laporan dan dilakukan penyidikan lebih lanjut,” jelas Indra Lambhot, Selasa (15/10).

Karhutla di kawasan tersebut menghanguskan lahan seluas lebih kurang 4 hektare. AA pun diancam Pasal 108 UU No 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup atau pasal 188 KUHPidana.

Karhutla itu berawal pada Minggu (6/10) lalu sekitar pukul 15.30 WIB, saat Polsek Tembilahan mendapatkan informasi karhutla di Sungai Bahagia RT003 RW003, Kelurahan Seberang Tembilahan Barat.

Selanjutnya Kapolsek Tembilahan, Ipda Leo Putra Dirgantara bersama anggota ke lokasi untuk mengecek informasi tersebut. Tiba lokasi, ditemukan lahan terbakar yang masih ada api serta asap cukup tebal. Polisi pun mencoba memadamkan karhutla di lokasi itu dengan peralatan seadanya. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved