Indragiri Hilir

Sekitar 4 Ha Lahan Terbakar di Sungai Bahagia Inhil, Polisi di Riau Amankan Seorang Pelaku

Polres Inhil berhasil mengamankan seorang terduga pelaku Tindak Pidana (TP) Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla).

Sekitar 4 Ha Lahan Terbakar di Sungai Bahagia Inhil, Polisi di Riau Amankan Seorang Pelaku
Polres Inhil
Personil Polres Inhil memasang garis polisi di lokasi Karhutla Sungai Bahagia RT 003 RW003 Kelurahan Seberang Tembilahan Barat, Kecamatan Tembilahan, Kabupaten Inhil. 

Sekitar 4 Ha Lahan Terbakar di Sungai Bahagia Inhil, Polisi di Riau Amankan Seorang Pelaku

TRIBUNPEKANBARU.COM, TEMBILAHANPolres Inhil berhasil mengamankan seorang terduga pelaku Tindak Pidana (TP) Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla).

Pria berinisial AA (24) terpaksa harus di bawa pihak berwajib karena di duga terlibat TP di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yaitu membuka lahan dengan cara membakar atau karena kesalahan (kealpaan) menyebabkan kebakaran.

Petugas mengamankan barang bukti (BB) 1 batang kayu bekas terbakar dengan panjang lebih kurang 1 meter dari penangkapan yang dilakukan pada Minggu (13/10/2019).

 BREAKING NEWS: Kurir Narkoba Bawa 27 Kg Sabu dan Belasan Ribu Ekstasi Ditangkap di Bengkalis Riau 

 Sedang Tidur Sama Anak, Wanita di Riau Nyaris Diperkosa Tetangga yang Masuk Tiba-tiba ke Rumahnya

Kapolres Inhil AKBP Indra Duaman Siahaan, S.IK melalui Kasat Reskrim Polres Inhil AKP Indra Lamhot Sihombing, S.IK menuturkan, selain melakukan pemadaman di lahan tersebut, Kanit reskrim Polsek Tembilahan melakukan penyelidikan siapa yang telah melakukan pembakaran di lahan tersebut.

“Dari hasil penyelidikan diketahui adalah AA alias AS bahwa yang telah melakukan pembakaran di lahan tersebut sesuai titik hotspot yang berlokasi di Sungai Bahagia RT 003 RW003 Kelurahan Seberang Tembilahan Barat, Kecamatan Tembilahan, Kabupaten Inhil. Selanjutnya atas kejadian tersebut di buatkan laporan dan akan di lakukan penyidikan lebih lanjut,” jelas Kasat Reskrim, Selasa (15/10).

Sekitar 4 hektar (Ha) lahan ditemukan petugas terbakar dengan titik koordinat : Latitude. : -0°22'3,99282"S dan Longitude : 103°7'4,48917"E.

Lebih lanjut Kasat mengisahkan, sebelumnya Minggu (6/10), sekira pukul 15.30 WIB, Polsek Tembilahan mendapatkan informasi telah terjadi Karhutla di Sungai Bahagia RT 003 RW003 Kelurahan Seberang Tembilahan Barat, Kecamatan Tembilahan, Kabupaten Inhil.

Selanjutnya setelah menerima informasi tersebut, Kapolsek Tembilahan IPDA Leo Putra Dirgantara bersama anggota polsek Tembilahan pergi untuk mengecek informasi tersebut.

Sekitar pukul 16.30 WIB sampai di Tempat Kejadian Perkara (TKP), petugas menemukan terdapat lahan terbakar masih menimbulkan api dan asap yang cukup tebal.

“Kapolsek Tembilahan bersama – sama anggota Polsek Tembilahan berusaha memadamkan api yang ada di lahan tersebut dengan perlengkapan seadanya,” tutur Kasat.

 6 Warga Pekanbaru Tertangkap Basah Buang Sampah Tak Sesuai Aturan, Denda Minimal Rp 250.000

 Polisi di Pekanbaru Amankan 3 Tersangka, 1 Kg Sabu dan 5,4 Ribu Butir Ekstasi, Diduga Jaringan Lapas

AA terancam dikenakan Pasal 108 UU No. 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup atau pasal 188 KUHPidana.

“Saat ini pelaku sudah diamankan dan perkara dilimpahkan ke Polres Inhil,” pungkasnya. (*)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved