Berita Riau

Tiga Bulan Uji KIR Kendaraan Pakai Sistem e-Money, Kadishub Pelalawan Riau Jamin Bebas Pungli

Kepala Dishub Pelalawan, Syafrudin MM mengklaim jika proses pelayanan uji KIR sudah bersih dari korupsi atau pungutan liar (pungli).

Tiga Bulan Uji KIR Kendaraan Pakai Sistem e-Money, Kadishub Pelalawan Riau Jamin Bebas Pungli
TRIBUNPEKANBARU/JOHANNES TANJUNG
Sejumlah kendaraan antre untuk menjalani uji KIR di ruang pelayanan KIR di kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Pelalawan, Selasa (15/10/2019). 

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI, TRIBUN- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pelalawan Riau sudah tiga bulan menggunakan sistem e-money dalam pembayaran uji KIR kendaraan sejak diluncurkan.

Kepala Dishub Pelalawan, Syafrudin MM mengklaim jika proses pelayanan uji KIR sudah bersih dari korupsi atau pungutan liar (pungli) yang dilakukan oknum anggotanya.

Pasalnya, tidak ada lagi transaksi dengan uang tunai di dalam kantor dan telah menggunkan kartu e-money yang dipegang oleh pemilik kendaraan. Tak lagi celah bagi sopir maupun oknum untuk bermain dan mencari keuntungan pribadi.

"Dalam tiga bulan ini sudah banyak perubahan sejak pakai e-money. Terlebih kepada pengawasan di pelayanan lebih bagus dan tidak ad lagi pungli," terang Syafruddin, Selasa (15/10/2019).

Selain itu, lanjut Syafrudin, intensitas kendaraan yang dilayani uji KIR semakin banyak dengan jumlah minimal 60 kendaraan dalam sehari.

Kemudian target Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2019 mencapai Rp 500 juta nyaris tercapai per Oktober ini yang sudah menyentuh angka Rp 400 juta lebih. Pada Desember mendatang diperkirakan sudah melebihi target yang ditetapkan.

Hanya saja, masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki dan diperbaharui. Masyarakat meminta Bank Mandiri sebagai penyedia kartu e-money membuka pelayanan khusus di kantor Dishub untuk pengurusan kartu tersebut. Sehingga sopir-sopir tidak tersita lagi waktunya untuk ke kantor bank dalam mengurus e-money.

Selain itu ada pengurangan kendaraan yang akan uji KIR sejak bulan ini. Sebab Kabupaten Kuantan Singingi yang sebelumnya menguji kendaraan ke Pelalawan, telah membuktikan sendiri pelayanan di daerahnya. Alhasil tinggal tiga daerah lagi diantaranya Pelalawan, Indragiri Hilir (Inhil), dan Indragiri Hulu (Inhu).

"Kita akan intensifkan pelayanan agar PAD semakin meningkat meski wilayahnya sudah berkurang," tukasnya. (Tribunpekanbaru.com/johannes tanjung)

Penulis: johanes
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved