Breaking News:

Tinggal Pasang Meteran Listrik, Pelican Crossing di Jalan Sudirman Segera Beroperasi

Pelican Crossing ini dipasang untuk membantu para pejalan kaki yang akan menyeberang di jalanan yang lalu lintasnya ramai.

Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Pelican Crossing terpasang di dekat halte bus TMP di Jalan Sudirman Pekanbaru. Alat bantu penyeberangan ini segera difungsikan untuk membantu pejalan kaki menyeberang jalan. 

tribunpekanbaru.com - Satu unit Pelican Crossing yang berada di dekat halte bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) di Jalan Jendral Sudirman, Kota Pekanbaru, akan segera beroperasi.

Keberadaan Pelican Crossing ini dimaksudkan untuk membantu para pejalan kaki menyeberangi ruas jalan tersebut.

Lalu lintas di kawasan tersebut memang cukup padat kendaraan. Para pejalan kaki pun mendapatkan kemudahan dengan hadirnya Pelican Crossing ini.

Nantinya, para pejalan kaki yang hendak menyeberang jalan cukup menekan tombol yang ada di tiang Pelican Crossing. Begitu tombol ditekan, lampu yang menandakan kendaraan harus berhenti sementara akan menyala. Ketika itulah para pejalan kaki bisa menyeberang jalan di zebra cross yang tersedia di ruas jalan itu.

"Ada lampu warna hijau yang menandakan para pejalan kaki bisa bergerak menyeberang," papar Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso, Rabu (16/10).

Menurutnya, Pelican Crossing ini akan segera beroperasi dalam pekan ini. Saat ini proses pengoperasiannya masih menanti aliran listrik.

"Ada meteran listrik yang bakal segera dipasang di Pelican Crossing tersebut. Setelah teraliri listrik, nantinya alat itu sudah bisa beroperasi," ujar mantan Camat Rumbai Pesisir ini.

Pelican Crossing di Kota Pekanbaru dipasang menyebar di tiga titik berbeda. Ada dua titik Pelican Crossing lainnya yang juga dipasang di ruas Jalan Jendral Sudirman.

Satu titik lainnya berada di dekat Hotel Pangeran. Pelican Crossing di titik itu kini tidak berfungsi karena dalam kondisi rusak.

Namun Pelican Crossing lainnya yang berada di Jalan Riau masih berfungsi dengan baik. Posisinya berada di dekat Mal Ciputra Seraya.

Pelican Crossing ini sudah berfungsi sejak dua bulan silam. Yuliarso menyebutkan bahwa lokasi-lokasi tersebut sengaja dipasangi Pelican Crossing, karena intensitas penyeberang jalan di kawasan tersebut cukup banyak. Sementara ruas jalan itu juga ramai dengan kendaraan.

"Masih banyak loaksi di Pekanbaru yang butuh Pelican Crossing. Namun saat ini baru bisa kita akomodir untuk tiga lokasi," tambahnya. (fer)

Penulis: Fernando
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved