DPRD Mendukung Penuh Upaya Pemko Pekanbaru untuk Segera Atasi Masalah Banjir

Ketua DPRD Pekanbaru, Hamdani, mengingatkan agar julukan Pekanbaru sebagai Kota Bertuah dipelesetkan orang menjadi 'Kota Berkuah.'

DPRD Mendukung Penuh Upaya Pemko Pekanbaru untuk Segera Atasi Masalah Banjir
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Banjir di salah satu lokasi di Pekanbaru beberapa waktu lalu. 

tribunpekanbaru.com - Legislator di DPRD Kota Pekanbaru menyoroti banjir yang mengintai saat musim hujan tiba. Terbukti, sejumlah lokasi langsung tergenang air pascahujan deras mengguyur Kota Pekanbaru pada Kamis (17/10).

Beberapa ruas jalan protokol seperti Jalan Jendral Sudirman pun tidak luput dari genangan air yang menyulitkan pengendara melewatinya. Kondisi ini membuktikan bahwa sejumlah saluran air dan drainase di sepanjang jalan tersebut belum berfungsi dengan baik.

Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Hamdani MS menegaskan, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru harus segera punya solusi untuk mengatasi masalah banjir yang mengintai ini. Apakagi, dia menilai banjir merupakan permasalahan yang sudah terjadi secara rutin di Pekanbaru. Setiap kali musim hujan tiba setiap tahunnya, ada saja wilayah di Kota Pekanbaru yang terendam banjir.

Hamdani tidak ingin julukan Kota Pekanbaru sebagai Kota Bertuah, nantinya malah dipelesetkan menjadi "Kota Berkuah" lantaran selalu banjir setiap kali hujan mengguyur.

"Harus ada peran penting pemerintah dengan memberikan solusi nyata mengatasinya. Apalagi persoalan banjir ini selalu terjadi setiap tahun di saat musim hujan tiba," papar Hamdani kepada Tribun, Kamis (17/10).

Menurutnya, jajaran DPRD Kota Pekanbaru yang ada saat ini, hadir dengan semangat yang baru. Mereka akan mendukung penuh program pemerintah dalam menanggulangi persoalan banjir yang melingkupi Kota Pekanbaru ini.

Hamdani juga mengingatkan, agar jangan sampai peristiwa banjir ini menelan korban jiwa. Karena itu, menurutnya, DPRD Pekanbaru akan berupaya secara maksimal untuk mendukung upaya penanganan banjir yang akan dilaksanakan Pemko Pekanbaru.

"Kita siap membantu dan mendukung semua program Pemko Pekanbaru yang bertujuan untuk mengatasi masalah banjir di Pekanbaru ini," jelasnya.

Politisi dari PKS ini menyebutkan, bahwa anggaran untuk penanganan masalah banjir baru bisa dilakukan pada APBD Perubahan tahun 2020 mendatang. Pasalnya, proses penganggaran APBD murni Pekanbaru tahun 2020 sudah tuntas dilaksanakan.

"Bila memang belum bisa (anggarannya) pada APBD perubahan nanti, akan kita coba anggarkan pada APBD murni tahun 2021 mendatang," ujarnya lagi.

Halaman
12
Penulis: Fernando
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved